oleh

Doa Ajaran Nabi Kepada Ali bin Abi Thalib untuk Kamu yang Terlilit Hutang

PortalMadura.Com – Hutang merupakan pertanggungjwaban yang harus kita bayar dan dituntaskan sebelum kita meninggal. Karena jika kita meminjam barang atau uang yang bukan hak milik kita, yang sudah melakukan akad perjanjian awal dengan jangka waktu sekian haruslah kita mengembalikannya.

Siapapun pernah berhutang. Bahkan sampai terlilit dengan beberapa pinjaman yang akhirnya tidak bisa di tutupi. Lalu bagaimana cara agar kita dimudahkan untuk membayar hutang kita? Berikut ini tips atau doa yang diajarkan Nabi kepada Ali bin Abi Thalib saat terlilit hutang. Mari kita simak!

Dari Sahabat Ali bin Abi Thalib ra, “Sesungguhnya ada seorang budak mukatab (budak yang dalam proses memerdekakan diri) mendatanginya dan berkata, “Sungguh aku sudah tak mampu memerdekakan diriku, tolonglah aku.” Kemudian Ali berkata, “Mau kah engkau aku ajarkan kalimat-kalimat doa yang diajarkan Rasulullah padaku seandainya engkau memiliki hutang sebesar gunung Shiir? Ucapkanlah

“Allahumma akfinii bi halaalika ‘an haraamika wa aghniinii bi fadhlika ‘amman siwaaka.”

Artinya:” Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki halal-Mu agar terhindar dari yang Kau haramkan. Jadikanlah aku kaya karena karunia-Mu, bukan karena karunia selain-Mu.” (HR. Tirmizi)

Hadis di atas diriwayatkan oleh Imam Tirmizi dan menurut Imam Albani derajat hadis tersebut hasan atau baik.

Itulah doa yang diajarkan oleh Nabi kepada Ali bin Abi Thalib saat terlilit hutang. Semoga bermanfaat, Wallahu a’lam.

Rewriter : Agnes Hafilda Kusuma
Sumber : bincangsyariah.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE