oleh

6 Cara Agar Bayi Suka Makan Buah

PortalMadura.Com – Anak usia balita merupakan masa bermain. Pada masa ini, anak-anak biasanya lebih tertarik terhadap mainan dibandingkan makanan, terutama sayuran dan buah. Padahal buah dan sayur merupakan makanan yang banyak memiliki manfaat untuk pertumbuhan anak.

Sebagai orang tua Anda perlu mengetahui cara untuk mengatasi anak yang susah makan sayur dan buah-buahan. Dilansir dari laman Popmama.Com, Selasa (27/10/2020) berikut beberapa cara agar bayi mau makan buah.

Pentingnya Pilah-Pilih Buah

Cobalah dari buah yang paling mudah dicerna. Seperti buah pisang yang ditumbuk dapat memberikan potassium yang cukup untuk perkembangan fungsi jantung dan otot bayi. Selain itu, buah persik dan aprikot yang dihaluskan kaya akan serat, vitamin C, dan vitamin A yang sangat baik untuk pengelihatan serta pembentukkan sel darah putih.

Hindari memberi bayi buah yang memiliki tingkat keasaman tinggi seperti jeruk asam dan stroberi hingga usia 1 tahun. Buah yang asam dapat menyebabkan iritasi pada lambung bayi, bahkan dapat menimbulkan ruam popok pada bayi.

Kenalkan Jenis Buah Satu Persatu

Anda bisa memberikan satu jenis buah yang sama selama tiga hari berturut-turut sebelum memberikan jenis buah baru pada bayi. Selain untuk membiasakan bayi pada setiap rasa buah, ini juga dapat membantu Anda mengetahui sensitivitas bayi terhadap setiap jenis buah. Setelah bayi mulai familiar dengan berbagai jenis buah, Anda boleh mencampur beberapa jenis buah untuk meningkatkan variasi rasa.

Mulailah Secara Bertahap

Mulailah dengan memberi ASI terlebih dahulu dengan porsi seperti biasa, agar bayi tidak terlalu lapar. Setelah itu, baru mulai suapi bayi dengan beberapa sendok teh buah yang sudah dihaluskan.

Jika sudah kenyang, bayi akan memberikan sinyal dengan memalingkan wajahnya menjauh. Jika hal itu terjadi, sebaiknya berhenti memberinya makan.

Jadikan Seluruh Prosesnya Menyenangkan Bagi Anak

Kenalkan pada anak bentuk dan warna buah saat membeli di supermarket. Biarkan mereka melihat proses persiapan makanannya tersebut hingga sampai di lidahnya.

Jika anak sudah familiar dengan berbagai rasa buah, jangan ragu mencampur beberapa jenis buah untuk memberikan rasa baru yang menyegarkan bagi bayi. Sempatkan diri untuk menghias makanan atau menggunakan peralatan makan yang menarik untuk membuat pengalaman makan bayi semakin menyenangkan.

Sajikan Buah dalam Menu Camilan

Cobalah untuk membuat camilan untuk anak dengan menghaluskan beberapa jenis buah seperti pir, persik, dan buah naga. Lalu campurkan dengan yoghurt yang mengandung lemak alami. Bekukan campuran bahan-bahan tersebut hingga menjadi es loli.

Camilan sehat yang lezat ini tidak mengandung gula tambahan dan memberi banyak nutrisi bagi anak seperti kalsium dan vitamin C.

Jadilah Contoh Teladan

Sebagai orang tua perlu membiasakan untuk sering makan buah di depan anak, dan mengupayakan untuk selalu makan bersama. Jika orang tuanya konsisten menunjukkan kebiasaan makan buah, bayi cenderung akan mengikutinya.

Jangan lupa untuk menunjukkan ekspresi senang dan menikmati setiap kali Anda makan buah di hadapan bayi. Hal ini akan memberikan kesan positif dan membuatnya ingin ikut memakan apa yang Anda makan.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Popmama.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.