6 Cara Lindungi Kesehatan Mata

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Lindungi Kesehatan Mata
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu organ tubuh penting yang berfungsi untuk melihat. Sebagai indera penglihatan, mata perlu dirawat dan diperhatikan agar tidak mengalami gangguan kesehatan, seperti mata merah, katarak sampai kebutaan.

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan mata dan melindungi mata dari kerusakan dengan melakukan beberapa hal ini. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (15/1/2020) dari laman liputan6.com yang dikutip dari Medical News Today.

Berikut ini penjelasannya:

Lakukan Pemeriksaan Mata Secara Teratur

Melakukan pemeriksaan mata tidak hanya menentukan apakah Anda perlu menggunakan kacamata atau tidak, tetapi juga dapat membantu Anda Mendeteksi jika kondisi mata memerlukan penanganan yang efektif lebih awal. Hal tersebut berdasarkan lansiran dari Medical News Today.

Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Tidak hanya wortel yang bermanfaat untuk mata Anda, tetapi makanan lain juga memiliki khasiat yang sama, seperti bayam dengan kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan untuk membantu Anda mencegah pembentukan katarak.

Anggur juga dapat mendukung mata Anda agar sehat. Para ilmuan menunjukkan bahwa yang diperkaya dengan anggur melindungi retina terhadap efek merusak dari stres oksidatif. Penelitian lain menunjukkan bahwa anggur juga dapat memberikan tingkat perlindungan antioksidan yang lebih tinggi untuk mata.

Baca Juga: Perempuan Berseragam Seperti PNS Bagi-bagi Kalender Bergambar Bacabup di Puskesmas Pandian

 Jaga Agar Berat Badan Anda Terkendali

Kelebihan berat badan membuat Anda memiliki risiko lebih tiggi mengalami kondisi seperti diabetes yang pada akhirnya dapat menyebabkan hilangnya penglihatan. Anda dapat mengendalikan berat badan Anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur untuk mencegah komplikasi penglihatan.

Penelitian oleh University of Melbourne di Australia dan Leeds Beckett University di Inggris menemukan bahwa penurunan berat badan yang cukup besar berpotensi membalikkan kerusakan mata yang disebabkan oleh obesitas, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Istirahatkan Mata Anda Secara Teratur

National Eye Institute menyarankan untuk menerapkan aturan 20-20-20. Untuk Setiap 20 menit yang Anda habiskan dengan menatap layar, lihat sesuatu yang lain sekitar 20 kaki di depan Anda selama 20 detik untuk mengurangi ketegangan mata.

Menggunakan Kacamata Hitam Ketika di Bawah Sinar Matahari

Seperti yang dilansir dari Spindel Eye Associates, selain menggunakan aksesoris, Anda dapat mengenakan kacamata hitam untuk melindungi kesehatan sekitar mata dari paparan sinar matahari.

Jangan Merokok

Pastinya, Anda telah mengetahui bahwa merokok akan merusak setiap bagian tubuh Anda, termasuk mata Anda. Perokok memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap katarak dan degenerasi makula terkait usia.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.