6 Cara Membuat Resume Online Gratis agar Diterima Perusahaan Impian

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Membuat Resume Online Gratis agar Diterima Perusahaan Impian
6 Cara Membuat Resume Online Gratis agar Diterima Perusahaan Impian. (Image by rawpixel.com on Freepik)

PortalMadura.com- Membuat atau riwayat hidup sudah menjadi kewajiban saat hendak melamar kerja. Tanpa mengikuti format yang baik, pihak perusahaan tentu tak akan tertarik melihatnya. Ikuti cara membuat gratis disertai contohnya pada artikel ini!

Apa itu resume? Berdasarkan pengertian umum, resume adalah ringkasan berupa riwayat hidup yang relevan dengan lamaran kerja. Ringkasan tersebut meliputi:

Baca Juga

  • Data diri singkat
  • Rekam jejak pendidikan
  • Pengalaman kerja
  • Skill yang berkaitan
  • Kontak pribadi

Seringkali orang salah menangkap perbedaan resume dan CV. Apa resume sama dengan CV? Faktanya, kedua hal tersebut berbeda. Perbedaan resume dan CV terletak pada isinya, di mana resume mencakup muatan yang lebih banyak, sementara CV tampak lebih singkat yakni hanya menekankan pengalaman, kualifikasi, serta prestasi saja.

Seiring kemajuan teknologi, contoh resume dapat dilihat dan ditemukan secara mudah di internet. Anda juga bisa mendapatkan resume online gratis untuk digunakan melamar kerja.

Namun, Anda pun mesti mengetahui cara membuat resume yang baik dan benar. Simak langkah-langkahnya secara gratis via online sebagai berikut.

Cara Membuat Resume Online Gratis

1.  Pilih Format Resume

Terdapat tiga format dalam sebuah resume standar, yakni format kronologis, pemaparan fungsional, serta kombinasi keduanya. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan formatnya berdasarkan skema umum yang telah dijelaskan di atas atau preferensi pribadi.

Apapun format yang Anda pilih, pastikan tampilan informasi dalam riwayat hidup dapat tersusun secara rapi serta mudah dibaca. Semakin rapi, semakin terlihat dengan jelas pula oleh pihak perusahaan saat mereka menyeleksi tumpukan CV dari para pelamar yang mengirim.

2. Masukkan Nama dan Kontak Pribadi

Bagian atas resume Anda harus mencakup informasi berikut:

  • Nama
  • Nomor telepon
  • Lokasi atau alamat tinggal sekarang
  • Alamat email
  • URL profil LinkedIn

Ini mungkin tampak jelas, tetapi pencari kerja terkadang lupa bagian penting dari informasi kontak di bagian ini. Periksa kembali dan buat semudah mungkin bagi perekrut untuk menghubungi Anda untuk melakukan tahap selanjutnya yakni wawancara kerja.

Sebagai tambahan, lakukan tips berikut:

  • Sertakan nomor telepon pribadi, jangan pernah nomor kantor.
  • Anda tidak perlu menyertakan alamat lengkap Anda, tetapi tambahkan kota, negara bagian, dan kode pos Anda. Perekrut sering kali mencari kandidat lokal terlebih dahulu.
  • Gunakan alamat email yang terdengar profesional. Pertimbangkan untuk membuat akun Gmail gratis untuk pencarian pekerjaan Anda jika saat ini Anda menggunakan layanan email yang lebih usang seperti Hotmail atau AOL.
  • Buat profil LinkedIn yang kuat dan pastikan untuk menyertakan URL pada resume tersebut.

3. Tulis Judul Resume yang Menggugah

Judul resume adalah deskripsi satu baris singkat tentang siapa Anda sebagai kandidat. Judul yang ditulis dengan baik dapat menarik perhatian perekrut dan mendorong mereka untuk melihat kualifikasi Anda secara lebih rinci.

Judul pada riwayat hidup merupakan tambahan yang singkat tetapi bisa sangat besar dampaknya. Seringkali, baris tersebut adalah hal pertama yang dibaca perekrut. Manfaatkan kesempatan untuk membuat kesan pertama yang kuat.

Sertakan kata kunci dari posting pekerjaan, idealnya judul pekerjaan. Usahakan agar tetap pendek, misal di bawah 10 kata. Terakhir, gunakan huruf kapital dan font tebal atau sedikit lebih besar sehingga dapat menonjol secara visual.

Memiliki kemampuan membuat resume yang bagus dan menarik adalah salah satu investasi diri terbaik yang akan berguna untuk karir di masa depan.

4. Lengkapi Riwayat Hidup secara Detail

Bagian pengalaman kerja adalah inti dari resume Anda. Pihak perusahaan melihat bagian ini dengan cermat untuk menentukan apakah riwayat pekerjaan serta pencapaian sebelumnya membuat Anda menjadi kandidat yang menjanjikan.

Itulah mengapa penting untuk merinci tidak hanya tanggung jawab pekerjaan Anda, tetapi juga kompetensi Anda dalam peran sebelumnya. Bagian pengalaman kerja adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan kepada perekrut dan manajer perekrutan bagaimana Anda telah menambahkan nilai unik ke perusahaan lain.

Hal pertama yang dicari perekrut di resume adalah jabatan yang dipegang dan kualitas perusahaan sebelumnya. Jadikan informasi ini mudah ditemukan dengan format berikut:

  • Perusahaan
  • Posisi pekerjaan
  • Lokasi pekerjaan
  • Tanggal mulai dan berakhir

5. Tambahkan Skill Penting

Skill menjadi salah satu nilai plus untuk dimasukkan dalam resume. Pihak perusahaan pastinya akan menyortir kandidat mana yang paling mumpuni berdasarkan kebutuhan posisi kerja.

Di bagian mana kita harus memasukkan keterampilan penting? Sangat penting untuk menggabungkan keterampilan penting di seluruh resume Anda, dimulai dengan tajuk utama yang harus menyertakan kata kunci yang paling relevan: judul pekerjaan.

Anda juga dapat mencantumkan skill di bagian khusus pada resume. Setiap format biasanya menyediakan bagian khusus agar lebih leluasa memasukkan daftar kemampuan tersebut.

6. Buat Resume Menggunakan Platform Desain Terbaik

Jangan hanya isi, tingkatkan pula tampilan resume dengan template serta elemen desain yang memukau. Manfaatkan platform seperti Canva untuk membuat resume online gratis dengan segudang fitur canggih. Canva ramah untuk segala pengguna, termasuk pemula.

Jangan lupa review resume Anda sebelum mengirimkannya ke perusahaan yang hendak dilamar agar menghindari kesalahan penulisan dan kelihatan profesional.

Itulah tadi cara membuat resume atau daftar riwayat hidup yang menarik secara online dan gratis. Belum menemukan lowongan yang tepat? Tak usah khawatir, Anda dapat terus mencoba mencari demi hasil yang memuaskan. Semoga berhasil!

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.