6 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami Tanpa Perlu Pergi ke Salon

Rewriter:Alfatihiyatul FatiEditor: Firman Ghazali A.
6 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami Tanpa Perlu Pergi ke Salon
6 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami Tanpa Perlu Pergi ke Salon

PortalMadura.com- Tekstur dan ketebalan rambut setiap orang berbeda-beda, tergantung faktor keturunan, usia, hormon, asupan nutrisi, hingga kebiasaan menata rambut. Tak hanya itu, terkadang tekstur rambut juga bisa berubah karena efek samping obat-obatan atau penyakit tertentu.

Rambut yang tipis dan mudah rotok biasanya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pemilkinya. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan tanpa perlu datang ke salon.

tak hanya baik untuk kesehatan rambut, cara ini juga baik untuk memelihara kesehatan kulit kepala.

6 Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

Untuk merawat dan menebalkan rambut secara alami, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, yaitu:

1. Memilih Shampo yang tepat

Penggunaan shampo yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, sehingga rambut bisa semakin kering dan rontok.

untuk menebalkan rambut, sebaiknya hindari produk shampo berbahan kimia keras, seperti amonium lauril sulfat, natrium lauril sulfat, atau shampo yang menganduung pewangi. Karena hal tersebut dapat merusak rambut dan juga kulit kepala.

Supaya rambut bisa lebih sehat dan tebal, tidak disarankan keramas terlalu sering, keramas cukup dilakukan 1 kali sehari atau ketika rambut sudah kotor dan terasa berminyak.

2. Membatasi penggunaan alat penata rambut.

Untuk menebalkan rambut, sebaiknya batasi penggunaan alat penata rambut seperti hair dyarer dan juga catokan baik sebagai pelurusnya atau pengeriting rambut. Rambut yang terlalu sering menggunakan alat-alat tersebut bisa menyebabkan rambut menjadi lebih rapuh dan mudah rontok.

3. Menghindari paparan sinar matahari langsung pada rambut

Tak hanya kulit yang perlu kita jaga dari paparan sinar matahari, rambut juga perlu kita lindungi dari paparan sinar matahari langsung agar tidak kusam, rusak, dan mudah rontok. Oleh karena itu, sat beraktivitas diluar ruangan kamu sangat disarankan untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari dengan menggunakan topi atau payung.

4. Menggunakan bahan-bahyan alami

Kamu bisa menggunakan bahan alami untuk menebalkan rambut dan menjaga kesehatannya. Beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan adalah lidah buaya, minyak zaitun, dan juga minyak kelapa.

5. Mencukupi kebutuhan nutrisi rambut

Tak hany perawatan rambut dari luar, untuk menabalkan rambut kamu juga membutuhkan dukungan perawatan dari dalam dengan cara memenuhi asupan nutrisi yang seimbang.

Agar bisa tumbuh kuat, sehat, dan terlindungi dari kerusakan, rambut juga membutuhkan asupan nutrisi, terutama protein, zat besi, asam lemak omega-3, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B, termasuk biotin.

Berbagai asupan tersebut bisa kamu peroleh dari berbagai jenis makanan, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, seafood, dan telur.

6. Mengurangi stress

Pelepasan hormon kortisol akibat stress yang berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok dan semakin tipis. Oleh karena itu, sebaiknya kelola stress dengan baik, misalnya dengan berolahraga, menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, mendengarkan music serta mengikuti kelas yoga atau meditasi.

Dari berbagai cara menebalkan rambut secara alami diatas untuk mengatasi masalah rambut yang sedang kamu alami, alangkah lebih baiknya jika dikonsultasikan dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat untuk menebalkan rambutmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.