6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Agar Gigi Tetap Sehat

Avatar of PortalMadura.com
6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Agar Gigi Tetap Sehat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Merawat tubuh mulai dari ujung rambut hingga kaki memang wajib dilakukan. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menggosok gigi dua kali sehari untuk membantu melindungi kesehatan gigi.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan masalah pada kesehatan gigi Anda?.

Berikut enam hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan demi kesehatan gigi:

Minum-minuman Berwarna
Minuman berwarna memang terasa segar apalagi dalam keadaan dingin. Namun menurut dokter gigi pendiri DentalWorks, Asia Richardson mengatakan, bahwa minuman berwarna memiliki pigmen yang tinggi dan berpengaruh pada pewarnaan gigi bahkan menyebabkan erosi email.

“Saya sarankan menggunakan sedotan untuk makanan berpigmen tinggi seperti kopi dan jus,” katanya.

Melewatkan Sikat Digi pada Malam Hari
Saat melewati hari yang lelah dan pulang pada malam hari, pasti yang Anda tuju adalah tempat tidur. Anda melewatkan hal penting, yaitu menggosok gigi sebelum pergi tidur yang akan menyebabkan masalah pada kesehatan gigi Anda.

“Jika kamu terbiasa tidur tanpa menyikat gigi, maka akan berisiko terjadi erosi enamel, gigi berlubang, penyakit gusi, dan penumpukan plak. Sikat gigi dua menit sebelum tidur dapat mencegah hal ini terjadi,” kata dokter gigi dari DentalCorp, Gary Glassman.

Tidak Mengganti Sikat Gigi
Setia boleh saja, namun jangan dengan sikat gigi ya! Beberapa orang bilang sikat gigi diganti setiap enam bulan sekali, cukupkah?. Menurut drg Glassman, Anda harus mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali, atau bahkan jika belum enam bulan gigi terasa sakit maka gantilah sikat giginya.

Menjaga kebersihan sikat gigi pun sama pentingnya. drg Glassman menganjurkan, untuk merendam sikat gigi ke dalam cairan pembersih mulut selama 20 menit.

Tidak Periksa ke Dokter Gigi
Siapa yang jarang atau tidak pernah sama sekali memeriksakan gigi ke dokter gigi?. Jangan sampai melewatkan hal penting ini demi kesehatan gigi Anda.

“Jangan melewatkan pemeriksaan ke dokter gigi. Ini semua tentang pencegahan, pencegahan, pencegahan,” ujar drg Glassman.

Pemeriksaan kesehatan gigi lebih dini bisa mencegah banyak penyakit mulut, seperti pembusukan, kanker, atau penyakit periodontal.

Menggosok Gigi Setelah Minum Kopi
Kopi mungkin bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Agar tidak terjadi hal demikian, pecinta kopi menyiasatinya dengan menggosok gigi setelah minum kopi.

Namun menurut ahli ortodontis dari New York mengatakan, bahwa hal tersebut tidak benar. “Minuman tersebut sangat asam, sehingga jika segera menyikat gigi maka akan menyebabkan kerusakan lebih pada email karena asam. Seperti yang mereka katakan, kesabaran adalah kebaikan. Sebenarnya lebih baik menunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat agar pH (tingkat keasaman) di dalam mulut menjadi netral secara alami,” ujarnya.

Minum-minuman Berenergi
Biasanya atlet atau binaraga mengandalkan minuman berenergi setelah berolahraga. Namun, minuman itu ternyata tidak cukup sehat karena terlalu manis dengan kandungan gula cukup tinggi.

“Itu dipenuhi dengan gula, dan karena banyak orang tidak membatasi diri pada minuman berenergi seperti itu atau soda, asupan gula mereka meningkat dan menyebabkan gigi berlubang,” kata DMD dari Summerville Pediatric Dentistry & Orthodontics, Katie Polley. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.