oleh

6 Keistimewaan Bulan Rajab

PortalMadura.Com – Puasa Rajab merupakan salah satu puasa sunah yang dilakukan pada bulan Rajab. Bulan ketujuh pada kalender hijriyah ini menjadi istimewa karena terjadinya Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Dalam Al Quran juga disebutkan keistimewaan bulan Rajab yakni surat At Taubah ayat 36. “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (untuk perang). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.” (QS At Taubah ayat 36).

Barikut niat puasa rajab:
Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta’alaa:
Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman tribunnews.com, berikut keistimewaan Puasa di Bulan Rajab:

– Melaksanakan Puasa Sebulan

Rasulullah SAW bersabda: “ Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam.

Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. “Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” HR.At-Thabrani.

– Mencatat Amalnya Selama 60 Bulan

Rasulullah SAW bersabda: “barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.” Abu Hurairah.

– Apabila Puasa Selama 7 hari pada Bulan Rajab Maka akan Menutup Pintu Neraka Baginya

– Apabila puasa selama 8 hari pada bulan Rajab akan membuka 8 pintu surga untuknya

– Apabila puasa selama 10 hari pada bulan Rajab maka akan menghapus dosa dosanya dan diganti dengan kebaikan.

– Apabila puasa sehari pada bulan Rajab maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga. Rasanya manis melebihi madu.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Tribunnews.com

Komentar