oleh

6 Khasiat Campuran Kunyit Asam Sirih untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Campuran kunyit asam sirih memang sudah lama dikenal oleh banyak orang akan manfaatnya. Perlu diketahui, bahwa kunyit mengandung glukosa, minyak atsiri, tanin, mineral serta senyawa curcumin dan masih banyak khasiat lainnya.

Sementara asam memiliki antioksidan, vitamin C, B, mineral dan beta karoten. Daun sirih juga memiliki kandungan vitamin A, B2, B1 sodium, asam nikotinat dan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Maka dari itu, dengan membuat jamu menggunakan ketiga bahan tersebut dapat membuat Anda mendapatkan berbagai manfaat. Apa saja?.

Berikut enam manfaat kunyit asam sirih bagi kecantikan dan kesehatan, Seperti dilansir dari Merdeka.com, Ahad (29/3/2020):

Menghilangkan Bau Badan

Sering kali bau badan yang tidak sedap ini sangat mengganggu. Parahnya, jika bau badan tidak sedap hingga tercium oleh orang lain, hal ini akan membuat Anda merasa malu.

Dengan mengonsumsi kunyit asam sirih dapat menghilangkan bau badan tidak sedap pada tubuh Anda. Zat klavikula dan estradiol akan membuat bau badan Anda berkurang serta mengontrol hormon dan kelenjar keringat.

Mengurangi Rasa Nyeri Ketika Haid

Bagi Anda kaum wanita yang sedang mengalami masa haid, tidak jarang akan mengalami nyeri. Hal ini disebabkan karena otot rahim telah berkontraksi ketika menstruasi, inilah yang membuat rasa sakit yang Anda rasakan.

Untuk menghilangkan rasa nyerinya, Anda bisa mengonsumsi kunyit asam sirih. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin yang berguna menjadi inflamasi yang ampuh untuk mengurangi kontraksi.

Menjadi Minuman Detoksifikasi Tubuh

Tidak hanya air kelapa saja yang mampu menjadi minuman detoksifikasi, ternyata kunyit asam sirih juga salah satu minuman yang dapat digunakan untuk detoksifikasi tubuh. Ketiga bahan jamu ini dapat mengeluarkan racun yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kunyit asam sirih bagi kecantikan dapat memperlambat proses penuaan dini. Antioksidan tinggi yang terkandung dalam kunyit inilah yang membuat penuaan dini dapat dicegah.

Untuk itu, mengonsumsi kunyit asam sirih merupakan cara termudah dalam memperlambat proses penuaan pada diri Anda. Senyawa yang terdapat pada daun sirih mampu membuat pudar hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV, pemakaian kosmetik dan jerawat.

Baca Juga: 6 Jenis Jamu yang Dipercaya Bikin Awet Muda

Membuat Kulit Cerah

Selain mencegah penuaan dini, ternyata kunyit asam sirih juga mampu membuat kulit cerah. Kunyit asam dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, sehingga proses peredaran darah akan lancar. Hal ini berarti juga akan membantu pori-pori yang awalnya tersumbat oleh kotoran akan menjadi bersih dan membuat kulit menjadi cerah dan tampak sehat.

Mengontrol Berat Badan

Semua orang menginginkan berat badan ideal, khususnya kaum wanita. Memang banyak cara untuk mengontrol berat badan Anda seperti olahraga secara rutin dan mengatur pola makan sehat atau diet.

Namun, ternyata dengan mengonsumsi kunyit asam sirih ini juga dapat membantu mengontrol berat badan karena kunyit dapat mengendalikan nafsu makan Anda.

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE