oleh

6 Langkah Pertolongan Pertama Atasi Penderita Keracunan Makanan

PortalMadura.Com – Keracunan makanan bisa terjadi pada siapa saja. Hal ini bisa disebabkan oleh makanan yang kadaluwarsa, sudah rusak, atau mengandung racun tertentu.

Gejala yang tampak biasanya adalah mual, muntah, demam, diare, atau sakit perut dan lainnya. Apabila mengalami keracunan secara tiba-tiba usai makan, berikut pananganan pertama yang bisa Anda lakukan.

1. Bila penderita keracunan makanan sering muntah dan diare, berikan cairan pengganti yang cukup seperti air putih, oralit atau campuran air putih-gula 2 sendok teh-garam ½ sendok teh atau air kelapa untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang.

2. Berikan tablet karbon aktif untuk menyerap racun di dalam saluran pencernaan yang diminum dengan air putih.

iklan hari santri

3. Hindari makan dalam porsi besar hingga tubuh kembali ke kondisi semula. Konsumsilah bubur, sup, atau pisang.

4. Tubuh akan merasa kelelahan yang sangat setelah mengalami gejala keracunan makanan. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup agar dapat memulihkan kondisi tubuh dengan lebih cepat.

5. Bila penderita keracunan makanan hendak muntah, usahakan agar penderita muntah dalam keadaan kepala menunduk agar cairan muntah tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

6. Keracunan makanan biasanya dapat sembuh dalam waktu 48 jam, apabila gejala yang ada tetap muncul, hubungilah dokter untuk memeriksakan keadaan Anda.

Untuk mencegah keracunan makanan, pastikan Anda selalu mencuci tangan sebelum makan, memperhatikan kebersihan alat makan dan memperhatikan kebersihan dan kesegaran makanan yang Anda makan.(Klikdokter.com/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.