6 Manfaat Belerang untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Avatar of PortalMadura.com
6 Manfaat Belerang untuk Perawatan Kecantikan Kulit
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sejak zaman dahulu, memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Selain berguna dalam bidang , belerang yang memiliki aroma tidak enak ini juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan.

Perlu diketahui, bahwa belerang merupakan zat kimia yang termasuk ke dalam unsur non-logam yang tidak memiliki rasa tetapi memiliki aroma khas. Belerang banyak ditemukan di berbagai wilayah pegunungan Indonesia seperti Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat dan Dieng Jawa Tengah.

Nah, untuk mendapatkan manfaat belerang sebagai perawatan kecantikan kulit, biasanya belerang dibuat menjadi losion, krim, bubuk, masker atau sabun. Manfaat belerang untuk kulit didapat karena adanya kandungan zat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit.

Berikut enam manfaat belerang untuk perawatan kecantikan kulit, melansir dari laman Liputan6.com, Ahad (15/3/2020):

Mengatasi Jerawat

Manfaat belerang untuk kulit berikutnya dapat mengobati jerawat. Selain menimbulkan rasa perih dan gatal, jerawat juga mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri berkurang.

Belerang menjadi salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Hal ini dikarenakan belerang mengandung anti-bakteri yang mampu melenyapkan bakteri penyebab jerawat dan memulihkan bagian kulit yang terdapat bekas jerawat.

Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Penumpukan sel-sel kulit mati bisa membuat wajah menjadi kusam, untuk itu sel-sel tersebut harus segera dibersihkan. Penggunaan belerang mampu dijadikan solusi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Hal ini dikarenakan belerang memiliki sifat keratolitik yang mampu membersihkan sel kulit mati.

Membersihkan Kotoran di Pori-pori

Manfaat belerang untuk kulit juga bisa digunakan untuk membersihkan pori-pori kulit. Penggunaan belerang pada kulit akan membuat bakteri yang ada di dalam pori-pori tertarik keluar. Selain itu, minyak di wajah yang menyumbat pori-pori juga bisa dibersihkan keluar.

Mengatasi Penyakit Rosacea

Belerang juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit rosacea. Penyakit ini memiliki gejala kemerahan pada wajah yang diakibatkan oleh bakteri dan radang. Penggunaan belerang pada wajah yang mengalami penyakit ini bisa meredakan peradangan yang terjadi dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat belerang juga bisa membuat kulit keriput akan kembali kencang bahkan lebih halus. Penggunaan masker belerang juga dipercaya mampu menghilangkan bintik-bintik penuaan serta mata panda.

Baca Juga: Belerang Bisa Sembuhkan Jerawat, Benarkah?

Mengurangi Ketombe

Selain manfaat belerang untuk kulit wajah, belerang juga bisa dirasakan untuk menyembuhkan kulit kepala yang bermasalah, seperti ketombe. Belerang bisa melakukan tindakan eksfoliasi pada kulit rambut secara teratur sehingga menghilangkan ketombe di rambut.

Untuk memanfaatkan belerang sebagai perawatan kecantikan, Anda bisa meraciknya menjadi masker, caranya yaitu:

1. Siapkan belerang sekitar 2 hingga 3 sendok belerang yang sudah dihaluskan.

2. Berikan sedikit air.

3. Aduk belerang hingga tercampur rata dengan air dan bertekstur seperti pasta.

4. Setelah menyerupai pasta, belerang sudah siap digunakan untuk masker.

5. Sebelum mengaplikasikan masker belerang di wajah, pastikan wajah sudah bersih. Kemudian oleskan ke wajah secara merata. Masker belerang juga bisa ditambahkan dengan bahan lain seperti madu, minyak zaitun, minyak kelapa, dan air mawar. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.