oleh

6 Manfaat Biji Nangka Rebus Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Tidak hanya dagingnya yang bisa di makan, biji nangka juga bisa Anda makan dengan beberapa cara seperti direbus atau dijadikan sayur. Kandungan nutrisi pada biji nangka juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Dilansir dari laman Halodoc.Com, Minggu (12/7/2020) Berikut beberapa manfaat biji nangka rebus yang bisa Anda dapat dengan mengonsumsi biji nangka.

6 Manfaat Biji Nangka Rebus Bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Biji nangka memiliki kandungan serat larut dan tidak larut yang dapat membantu melancarkan gerak peristaltik usus, dan melembutkan feses, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Serat juga dianggap sebagai probiotik yang membantu memberi asupan bakteri baik dalam usus yang berperan dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Mencegah Infeksi Bakteri

Biji nangka memiliki efek antibakteri. Hal tersebut terbukti ketika biji nangka yang telah diolah menjadi sebuah makanan, dikontaminasi oleh bakteri E.coli. Hasilnya, biji nangka memiliki sistem kekebalan sebagai obat alami penyakit yang ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi.

Baca Juga: Ini 5 Obat Asam Urat Alami yang terbukti Ampuh

Mengatasi Anemia

Manfaat biji nangka selanjutnya adalah mengatasi anemia. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kandungan zat besi dalam biji nangka yang mampu mengatasi anemia dan mencegah kelainan darah. Dengan meningkatnya produksi sel darah merah dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh pun ikut meningkat.

Menjaga Kesehatan Rambut

Banyak sekali manfaat biji nangka rebus bagi kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan kesehatan rambut. Hal tersebut terjadi karena kandungan protein dalam biji nangka dan zat besi yang mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan.

Menurunkan Kolesterol

Kandungan serat dan antioksidan tinggi dalam biji nangka mampu memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Jika biji nangka rutin dikonsumsi, akan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Bersifat Antikanker

Senyawa tanaman dan antioksidan tinggi didalamnya membuat biji nangka bersifat antikanker. Rangkaian antioksidan yang terdapat dalam biji nangka, antara lain flavonoid, saponin, dan fenolik. Senyawa tanaman dipercaya mampu membantu melawan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki kerusakan DNA.

Akhir kata, walaupun terdapt banyak manfaat biji nangka rebus untuk kesehatan. Anda tetap disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Sebab selain semua sesuatu yang belerbihan itu berbahaya, anda juga disarankan berkonsultasi kepada Dokter pribadi anda untuk mengetahui sebarapa banyak anda dapat mengkonsumsi biji nangka.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : halodoc.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE