6 Manfaat Menakjubkan Ajak Anak Masak Bersama dan Berkreasi di Dapur

Avatar of PortalMadura.com
6 Manfaat Menakjubkan Ajak Anak Masak Bersama dan Berkreasi di Dapur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengajak anak memasak bersama merupakan salah satu kegiatan yang memiliki manfaat yang luar biasa untuk ibu dan anak. Orang tua sesekali memang harus mengajak si kecil untuk masak bersama di dapur dan berkreasi dengan menu-menu yang menyenangkan.

Mengajarkan anak memasak dapat membangkitkan kecintaan terhadap makanan, bahkan membangun pola makan yang sehat. Selain itu, bisa memberikan pembelajaran berharga dan momen untuk membangun kebersamaan dari dapur.

Selain itu, berikut ini enam bersama dan berkreasi di dapur:

1. Yang pertama ini akan memberikan memori yang berharga bagi si kecil. Si kecil akan sangat bahagia dan dengan bangga menceritakan salah satu pengalaman yang menyenangkan ini pada teman-temannya.

2. Anak juga akan merasa percaya diri dan bangga saat ia bisa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh ibunya di dapur. Pastikan pula ibu memberikan tugas-tugas yang tidak terlalu susah dan berbahaya untuknya.

3. Memasak akan melatih koordinasi mata dan tangannya. Kegiatan-kegiatan di dapur seperti menuangkan bahan-bahan makanan ke dalam mangkuk sangat baik untuk melatih tubuhnya.

Memang ini akan sedikit merepotkan ibu karena si kecil pasti masih belum bisa rapi dan akan membuat beberapa barang tercecer, tapi dibandingkan manfaatnya alangkah baiknya untuk bersabar membersihkan bahan makanan yang tercecer.

Baca Juga: Moms, Ini 3 Cara Mudah Ajarkan Si Kecil Memasak

4. Imajinasi anak juga bakal lebih terlatih dengan memasak bersama. Saat membuat kue, bebaskan anak untuk berkreasi dengan hiasan yang mereka mau. Hal ini akan mewadahi kreativitas si kecil.

5. Proses memasak juga akan mengajarkan si kecil bahwa semua hal memerlukan tahapan dan tidak bisa diperoleh secara instan. Memasak adalah proses untuk memperoleh makanan yang enak. Jika ibu tidak pernah mengajak anak memasak dan lebih sering memesan makanan cepat saji, si kecil pun akan susah menerima pemahaman ini.

6. Anak pun akan lebih bisa menghargai makanan karena tahu proses pembuatannya yang tidak mudah. Dengan begini, si kecil akan berpikir dua kali saat akan tidak menghabiskan makanannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.