oleh

6 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

PortalMadura.com – Menangis merupakan hasil dari pengungkapan perasaan seseorang. Menangis bukan hanya karena sedih namun bisa saja karena bahagia. Saat Anda menangis kerap di anggap cengeng atau lemah oleh orang lain. Namun, sesungguhnya menangis merupakan hasil dari luapan emosional diri.

Saat Anda menangis sesungguhnya itu adalah suatu hal yang wajar. Banyak orang yang menyembunyikan dan menahan tangisannya karena takut di anggap orang yang lemah. Padahal menangis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena air mata yang dikeluarkan saat menangis memiliki fungsi yang baik. Seperti, air mata refleks berfungsi untuk membersihkan benda asing yang masuk ke dalam mata seperti debu, air mata basal mengandung lysosyme yang berrfungsi untuk melindungi mata dari infeksi dan iritasi, air mata emosional mengandung hormon yang diproduksi saat stres.

Menangis memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan seharusnya jangan dipandang sebagai hal yang negatif saja. Dilansir dari Indozone.id, Jumat (8/5/2020) enam manfaat menangis bagi kesehatan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Pada bayi menangis dapat meningkat kualitas tidur, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa dengan menangis dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak dari biasanya.

Memperbaiki Suasana Hati

Saat Anda menangis dapat memberikan manfaat memperbaiki suasana hati. Hal ini terjadi karena di saat Anda menangis, akan menarik banyak napas yang cepat sehingga mengatur dan menurunkan suhu otak.

Meningkatkan Penglihatan

Dengan menangis dapat membantu mata tetap lembab, agar mata tidak mengalami kekeringan atau dehidrasi.

Mengurangi Stres

Berbagai masalah yang hadir dalam diri Anda, akan membuat Anda stress. Seringkali Anda ingin sekali untuk menangis, hal ini karena hormon adrenocortIcotropic (ACTH) yang membuat Anda ingin menangis.

Dengan begitu, jangan ragu untuk menangis agar stres dalam diri Anda sedikit berkurang.

Melegakan Perasaan

Menangis dapat membuat perasaan menjadi lega, walaupun masalah yang di alami belum tentu selesai. Namun setidaknya, dengan menangis otak dan jantung menjadi lebih lancar sehingga perasaaan lebih tenang dan rileks.

Melawan Bakteri

Cairan yang terkandung dalam air mata seperti lysozyme berfungsi untuk melawan bakteri dan menjaga kebersihan pada mata. Lysozyme mampu membunu 90-95 persen bakteri tubuh.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menangis agar kondisi Anda menjadi lebih baik dan kegiatan sehari-hari Anda tidak terganggu. (*)

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Indozone.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar