oleh

6 Manfaat Tersembunyi Kayu Manis Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Kayu manis atau cinnamon merupakan rempah asli Indonesia yang sudah lama populer sebagai salah satu bahan penyedap masakan. Tidak hanya itu saja, karena aroma dan rasa manisnya yang semerbak, rempah ini seringkali digunakan sebagai pemanis minuman, menggantikan gula.

Bahkan saat ini, muncul pula tren untuk memanfaatkan kayu manis sebagai pengharum kamar. Namun perlu Anda ketahui, selain manfaat yang disebutkan di atas, ternyata kayu manis juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan.

Berikut enam khasiat kayu manis bagi kesehatan:

Mencegah Diabetes
Manfaat kayu manis yang pertama adalah mencegah diabetes. Telah Anda ketahui, bahwa kayu manis memiliki rasa yang bisa menggantikan gula, dan banyak konsumen kayu manis tampak puas dengan hal ini.

Pasalnya, rasa manis rempah yang satu ini tidak kalah dengan gula, bahkan lebih harum dan terasa di lidah. Sisi positif dari hal ini adalah para konsumennya tanpa sadar mengurangi porsi konsumsi gula mereka, sehingga mencegah terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah.

Meringankan Gejala Rematik
Suatu penelitian baru-baru ini, ditemukan bahwa manfaat kayu manis untuk mengurangi kadar sitokin, adalah protein-protein kecil pengontrol inflamasi, imunitas, dan hematopoesis-salah satu pemicu rematik. Nah, dari pengontrolan sitokin inilah secara tidak langsung rematik dapat dicegah.

Menyembuhkan Batuk, Pilek, dan Sakit Tenggorokan
Manfaat kayu manis yang ketiga adalah meringankan serta menyembuhkan gejala penyakit batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan adanya sifat anti-bakteri pada kayu manis, serta efek menghangatkan yang dihasilkannya pada tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda harus segera meminum teh kayu manis sesaat setelah gejala awal pilek dan sensasi gatal di tenggorokan terasa. Dengan begitu, kedua penyakit tersebut, ditambah batuk berdahak, tidak akan berkembang menjadi lebih parah.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Tahukah Anda bahwa kadar lemak di dalam darah (trigleserid) yang tinggi, jika dibiarkan dapat meningkatkan risiko peyakit jantung?. Nah, hasil dari sebuah penelitian sederhana menunjukkan, bahwa tambahan dua sendok rempah-salah satunya kayu manis-pada makanan berlemak dapat mengurangi kadar trigleserid hingga 30%.

Tidak hanya itu, penelitian ini juga menunjukkan bertambahnya kadar antioksidan di dalam darah sebanyak 13%. Mendukung poin tersebut, sebuah hasil studi dari Penn State juga menemukan, bahwa diet kaya kayu manis dapat menangkis efek negatif yang dibawa oleh makanan berlemak.

Mengurangi Gejala PMS
Manfaat kayu manis selanjutnya, yaitu mengurangi gejala yang timbul saat seorang wanita mengalami PMS. Kandungan mangan yang terkandung dalam kayu manis dapat membuat mood seorang wanita lebih stabil. Tidak hanya itu, mangan juga dapat meringankan gejala kram pada wanita yang sedang haid. Hebat, bukan?.

Meningkatkan Fungsi dan Kemampuan Otak
Manfaat kayu manis yang terakhir adalah menigkatkan fungsi dan kemampuan otak. Sebuah penelitian yang dilakukan Wheeling Jesuit University menunjukkan, bahwa mengonsumsi kayu manis dapat mempercepat respon visual-motorik, serta meningkatkan fokus seseorang. Tidak hanya meningkatkan fungsi kognitif, mengonsumsi kayu manis juga dapat meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan. (go-dok.com/Salimah)


Komentar