Jangan Salah, Begini Cara yang Tepat Aplikasikan Masker

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Salah, Begini Cara yang Tepat Aplikasikan Masker
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebanyakan orang mengetahui penggunaan masker cukup dengan mengoleskan dan meratakan ke area wajah, lalu didiamkan beberapa menit kemudian dibilas. Apakah Anda sudah merasa yakin bahwa memang demikian caranya?.

Jangan merasa percaya diri dulu, sebab ada sebagian orang yang tanpa disadari masih salah dalam mengaplikasikan masker, sehingga merusak wajah mereka.

Lantas, bagaimana cara menggunakan masker wajah yang paling benar?. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Ketahui Tipe Kulit Masing-masing Terlebih Dahulu
Hal mendasar yang harus diketahui sebelum memakai masker adalah mengetahui jenis kulit Anda. Kulit kering, berminyak, dan sensitif tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jenis masker yang sesuai dan seberapa sering menggunakannya pun berbeda.

Cukup 2 atau 3 Kali Seminggu
Karena kulit wajah jauh lebih sensitif daripada kulit tubuh, jangan terlalu sering menggunakan masker. Apalagi jika bahan yang digunakan cukup keras, misalnya campuran baking soda atau kayu manis. Bahan masker yang mengandung pelembap ekstra seperti minyak zaitun, telur, dan susu juga bisa menjadikan kulit berminyak jika diaplikasikan terlalu sering.

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu
Tidak hanya menghapus makeup hingga benar-benar bersih, double cleansing juga penting untuk menyingkirkan kotoran di permukaan kulit. Setelah menggunakan makeup remover, bersihkan wajah dengan face wash. Jika wajah bersih, nutrisi dalam masker lebih mudah diserap oleh kulit.

Jangan Terlalu Lama Didiamkan
Idealnya, masker didiamkan sampai setengah kering sebelum dibilas. Untuk masker yang cepat mengering, sebaiknya tidak didiamkan lebih dari 15-30 menit.

Untuk yang memiliki kulit wajah sensitif, pemakaian masker sebaiknya tidak lebih dari 15 menit. Sementara yang berkulit normal dan berminyak bisa menggunakan masker selama 30 menit.

Lakukan Steam Terlebih Dahulu untuk yang Berkulit Berminyak
Steam atau penguapan berguna untuk membuka pori-pori kulit, terutama bagi yang memiliki kulit wajah berminyak. Dengan begini, nutrisi masker bisa bekerja maksimal pada permukaan kulit.

Cara mudah untuk melakukan steam adalah memposisikan wajah beberapa centimeter di atas baskom yang sudah diisi air panas. Namun steam tidak disarankan untuk mereka yang memiliki kulit kering.

Pastikan Jari Tangan atau Kuas Aplikator Bersih
Tidak masalah jika Anda memilih untuk mengaplikasikan masker dengan kuas atau jari-jari tangan. Pastikan kuas Anda sudah dicuci dengan bersih terlebih dahulu. Begitu juga dengan jari-jari tangan Anda. Jangan sampai kuman dari tangan dan kuas yang kotor berpindah ke kulit wajah Anda.

Bilas dengan Air Bersuhu Sedang
Air yang terlalu hangat bisa menyebabkan kulit kering. Sementara mencuci wajah dengan air bersuhu rendah saat cuaca dingin bisa membuat wajah terasa ketat, meskipun bisa menutup kembali pori-pori yang terbuka. Yang paling ideal adalah membilas masker dengan air bersuhu sedang.

Jangan Digosok dengan Handuk
Setelah membilas masker, jangan mengeringkan wajah dengan digosok handuk. Ini sama saja dengan menyapu khasiat masker yang baru diaplikasikan. Tepuk-tepuk dengan handuk bersih sampai kering.

Gunakan Pelembap
Setelah melakukan perawatan dengan masker, oleskan pelembap pada kulit wajah.

Demikian langkah-langkah terbaik untuk mengaplikasikan masker pada wajah. Sudahkah Anda melakukannya dengan benar?. Semoga bermanfaat. (merdeka.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.