oleh

6 Oleh-oleh dari Belgia yang Tak Boleh Lupa Dibawa Pulang

PortalMadura.Com – Salah satu negara di Benua Eropa yang kaya akan budaya dan bangunannya yang arsitektural, yaitu Belgia. Tidak hanya itu saja, di setiap sudut kota juga sangat instagramable, cocok banget buat foto-foto.

Bahkan, di Belgia ada beberapa oleh-oleh atau buah tangan yang wajib dibawa pulang. Apa saja?.

Berikut enam oleh-oleh dari Belgia yang tidak boleh lupa dibawa pulang ke kampung halaman:

Cokelat
Ketika mendengar nama Negara Belgia, yang pertama kali terlintas di pikiran pasti cokelat. Para wisatawan yang berkunjung ke Belgia menjadikan cokelat sebagai oleh-oleh utama untuk dibawa ke negara asalnya.

Menurut para wisatawan, cita rasa cokelat Belgia sulit ditandingi oleh cokelat dari negara lain. Meskipun Belgia bukan negara penghasil utama buah cokelat, namun hasil olahan cokelat dari negara ini sudah diakui kelezatannya. Sebab, proses pembuatan cokelat Belgia didukung oleh teknologi tinggi.

Speculoos
Oleh-oleh khas Belgia selanjutnya adalah speculoos. Makanan ini terbuat dari campuran rempah-rempah pilihan seperti kapulaga, cengkeh, jahe, pala, lada dan kayu manis. Begitu speculoos dibuka dan dicium, baunya akan mengingatkan pada jajanan khas Thailand yang kebanyakan diolah menggunakan rempah-rempah.

Biasanya, speculoos dijadikan sebagai makanan ringan untuk melengkapi waktu bersantai di sore hari. Jika ingin meniru budaya bersantai Orang Belgia, sajikan speculoos dengan kopi atau teh hangat. Pasti nikmat!

Cuberdons
Berbeda dengan dua makanan yang disebutkan di atas. Cuberdons adalah oleh-oleh sejenis permen yang bentuknya sangat lucu. Jika diamati dengan seksama, bentuknya mirip sekali dengan batu.

Tapi jangan salah, cuberdons adalah permen kebanggaan masyarakat Belgia. Kenapa?. Karena, permen ini banyak dicari oleh wisatawan mancanegara. Permen ini hadir dengan warna dasar ungu dan diisi oleh varian rasa yang berbeda-beda. Mulai dari stroberi, jeruk, anggur, raspberry dan masih banyak lagi. Pasti pada penasaran sama rasanya?.

Waffle
Siapa yang tidak kenal waffle?. Cita rasanya yang manis membuat makanan ini menjadi favorit segala usia. Mulai dari anak-anak, remaja, anak muda hingga orang tua menyukai cita rasanya.

Apalagi waffle yang dijual hadir dengan berbagai pilihan topping yang menggugah selera. Biarpun di Belgia, biasanya hadir tanpa sentuhan topping apapun. Tujuannya agar penikmat waffle dapat merasakan cita rasa asli dari kulit waffle itu sendiri. Namun karena permintaan wisatawan, para penjual waffle di Belgia sudah mulai membuat variasi topping yang lezat. Contohnya saja cokelat dan buah-buahan.

Jika Anda termasuk salah satu pecinta waffle, jangan lupa bawa waffle dari Belgia ya! Karena cita rasanya jauh lebih enak dibandingkan waffle yang ada di negara Indonesia.

Koffiekoeken
Selanjutnya ada koffiekoeken, salah satu makanan pelengkap yang enak bila diseruput dengan secangkir kopi. Makanan ini hadir dalam berbagai macam pilihan rasa. Nah, tiga rasa yang wajib banget dicoba adalah boterkoek, boule de berlin dan appelflap.

Mau bawa koffiekoeken ke Indonesia?. Bisa! Koffiekoeken bisa ditemukan di seantero toko roti yang ada di Kota Belgia. Bahkan juga bisa ditemukan di stasiun kereta.

Komik
Kenal dengan tokoh komik bernama Tintin?. Ternyata, tokoh Tintin ini berasal dari Belgia. Jadi, jangan heran jika komik juga termasuk salah satu oleh-oleh khas Belgia.

Tidak hanya komik, yang nge-fans dengan Tintin juga dapat membeli berbagai patung replika dari tokoh Tintin. Baik komik maupun patung replika, keduanya bisa dibeli di Museum Komik Brussels atau di toko souvenir yang ada di Belgia. (merdeka.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar