oleh

6 Rahasia Menciptakan Pola Asuh Dalam Meningkatkan Kecerdasan Anak

PortalMadura.Com – Pola asuh dan peranan orangtua akan berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan anak-anak. Hal ini didasarkan pada penelitian bahwa 70% anak akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tua, sedangkan 30% akan mengikuti apa yang dikatakan oleh orang tua pada anaknya.

Namun sayangnya, hanya beberapa orang tua yang menyadari hal ini, dikarenakan kebanyakan orang tua memberikan pola asuh sepenuhnya pada pengasuh. Kondisi tersebut menyebabkan seorang anak kehilangan peranan dari orangtuanya.

Mengingat pentingnya pola asuh yang baik dan benar dalam menunjang kecerdasan anak maka orang tua harus dapat memahami langkah-langkah yang dilakukan agar anak Anda cerdas di kemudian hari.

Berikut beberapa rahasia pola asuh yang dapat Anda lakukan dalam meningkatkan kecerdasan buah hati Anda.

Lakukan Eksplorasi Lingkungan
Lingkungan merupakan salah satu sarana bagi anak untuk mengembangkan kemampuannya dan belajar berbagai macam hal. Mengeksplorasi lingkungan akan memicu anak lebih aktif bergerak sehingga akan meningkatkan rasa ingin tahu anak terhadap segala aspek kehidupan.

Maka dari itu supaya pengetahuan anak semakin luas tentang lingkungan atau alam, biasakan untuk membuat jadwal dan membebaskan anak mengeksplorasi lingkungan minimal seminggu sekali. Anda bisa mengajak anak untuk jalan-jalan atau liburan di alam terbuka.

Memberikan Stimulus
Untuk membantu perkembangan kecerdasan anak, Anda bisa memberikan stimulus dengan cara mengajak anak untuk berdiskusi dan ajukan beberapa pertanyaan pada anak seputar hal-hal yangb diminati oleh anak. Kegiatan tersebut akan merangsang kemampuan anak dalam berbicara dan berargumen.

Loading...

Sesuaikan dengan Minat Anak
Setiap anak memiliki minat yang berbeda sehingga untuk menggali potensi anak Anda sebaiknya berikan dukungan penuh pada bidang yang memang menjadi minat anak Anda.

Bila anak Anda memiliki keseriusan pada bidang tertentu sebaiknya anda dapat mendukung untuk berlatih dan menjadi teman yang mengasikan bagi anak Anda. Seperti memasukinya pada sanggar tari dan mengajarinya beberapa gerakan tari yang menyenangkan di rumah.

Membacakan Buku Pengetahuan
Cara lain untuk meningkatkan kecerdasan anak yaitu dengan membacakan buku pengetahuan. Kegiatan tersebut akan merangsang minat anak untuk rajin membaca. Selain itu, kegiatan membacakan buku bagi anak akan berguna untuk menambah wawasan anak. Kegiatan tersebut bisa Anda lakukan sebelum anak tidur atau di sela-sela waktu senggang.

Berikan Kesempatan Anak Anda untuk Mengambil Keputusan
Dengan membiasakan anak anda untuk mengambil keputusan maka akan membuat anak Anda tampil percaya diri ketika dihadapi pada beberapa hal selanjutnya, melatih anak anda untuk mengambil keputusan sehingga berpikir analitis dan mampu merangkainya.

Berikan Kesempatan Anak untuk Bersosialisasi
Untuk menjaga dan meningkatkan kecerdasan emosional anak, Anda bisa memberikan kesempatan pada anak untuk bersosialisasi seluas-luasnya. Cara ini akan merangsang sel-sel pada otak sehingga anak akan mengekspresikan perasaan dan kemampuan terbaiknya.

Selain itu, dalam menunjang kecerdasan anak, Anda harus menjaga asupan nutrisi untuk otak anak. Biasakan untuk memberikan makanan yang bergizi seimbang yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu, ajarkan kebiasaan baik pada anak untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga. (bidanku.com/choir)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar