6 Tips Mengatur Jadwal Pumping Asi Yang Optimal

Avatar of PortalMadura.Com
6 Tips Mengatur Jadwal Pumping Asi Yang Optimal
Ilustrasi (prenagen)

Memutuskan untuk bekerja kembali setelah melahirkan bisa jadi merupakan fase yang tidak mudah. Salah satunya saat harus mengatur jadwal pumping asi, ada banyak hal yang harus diperhatikan supaya aktivitas pumping berjalan lancar dan gangguan. Bagi para ibu bekerja yang membutuhkan tips seputar hal ini, simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Membuat Jadwal Sejak Awal

Pertama-tama, pastikan untuk mengupayakan pembuatan jadwal pumping asi sejak awal. Misalnya saja jika akan kembali bekerja, maka susun jadwal tersebut mulai dari beberapa waktu sebelum kembali bekerja. Tujuannya supaya dapat mengetahui bagaimana ritme dan jadwal yang tepat untuk melakukan pumping. Sehingga nantinya tubuh dan ibu telah terbiasa oleh ritme pumping yang diciptakan tadi.

Bukan hanya itu saja namun perlu juga untuk menerapkan jadwal sebelum kembali bekerja. Awali dengan melaksanakan jadwal yang telah direncanakan saat masih berada di rumah, sehingga nantinya saat mulai bekerja sudah siap dan terbiasa untuk melakukan pumping asi dengan nyaman. Jika memungkinkan pastikan untuk membuat jadwal yang kondusif dan mudah untuk ditepati, sehingga nantinya tidak ada jadwal yang terlewatkan sama sekali.

Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh

Salah satu tips penting dalam mengatur jadwal pumping asi yaitu terus menjaga . Ini merupakan hal yang perlu diperhatikan supaya jadwal pumping nantinya tidak terganggu akibat terserang penyakit. Ada baiknya jika merasa kurang sehat segera tanya dokter tentang kondisi kesehatan kalian dan cari solusi supaya bisa tetap memenuhi jadwal pumping yang telah dibuat.

Kebanyakan ibu sering kali melewatkan jadwal pumping saat merasa kurang sehat, padahal sangat penting mempertahankan jadwal yang telah dibuat. Oleh karena itu sebisa mungkin jaga stamina tubuh dan badan, sehingga jadwal tidak ada yang terlewatkan. Bila perlu konsumsi cukup vitamin dan booster asi, agar produksi asi tidak menurun serta kualitas asi yang dihasilkan juga tetap maksimal.

Membuat Prioritas Aktivitas

Saat memiliki banyak hal untuk dilakukan, membuat prioritas merupakan hal yang sangat penting. Demikian pula jika bertekad untuk memberikan asi eksklusif sambil bekerja, maka tentu saja ibu harus memiliki prioritas aktivitas yang harus dilaksanakan antara pumping asi dan mengerjakan tugas-tugas baik di kantor maupun saat berada di rumah.

Upayakan untuk memastikan bahwa jadwal-jadwal aktivitas penting telah dilaksanakan. Lalu di antara sela waktu tersebut sempatkan untuk melakukan pumping asi. Hal ini bukan hanya saat berada di kantor saja, namun buatlah juga jadwal untuk melakukan pumping saat berada di rumah juga. Supaya tercipta konsistensi waktu untuk melakukan pumping dan membantu menghasilkan jumlah asi yang maksimal.

Mengosongkan Waktu Saat Sedang di Rumah

Dalam membuat jadwal pumping asi yang efektif, ada baiknya seperti dikatakan sebelumnya untuk tetap membuat jadwal meskipun sedang berada di rumah. Sebisa mungkin kosongkan beberapa waktu untuk memberikan kesempatan melakukan pumping meskipun bayi telah menyusu secara langsung. Hal ini cukup penting untuk memastikan bahwa kondisi payudara tetap dapat memproduksi asi sesuai dengan ritme pumping yang dilakukan.

Dengan melakukan hal ini maka kualitas serta kuantitas asi perah akan tetap maksimal dan melimpah. Jangan sampai merasa malas untuk pumping karena asi telah diberikan kepada bayi secara langsung saat berada di rumah. Bila perlu tidak ada salahnya menyusui bayi sambil melakukan pumping. Hal ini dipercaya sebagai salah satu langkah efektif untuk menghasilkan lebih banyak asi.

Melakukan Pumping di Sela-Sela Istirahat

Tips dalam menyusun jadwal pumping asi berikutnya yaitu memastikan untuk membuat jadwal pumping yang dapat dilakukan di sela-sela waktu istirahat. Hal ini jauh lebih efektif daripada memaksakan diri untuk melakukan pumping saat sedang sibuk melakukan pekerjaan di kantor.

Ada baiknya memilih waktu-waktu yang fleksibel seperti misalnya waktu saat istirahat di kantor untuk makan siang, atau waktu sesaat sebelum pulang dari kantor. Karena umumnya waktu-waktu tersebut merupakan waktu yang paling tepat untuk melakukan pumping secara nyaman. Tidak hanya itu saja, namun bisa juga mengatur jadwal untuk melakukan pumping saat malam hari tiba sebelum tidur. Pikiran dan badan akan lebih rileks, sehingga kualitas serta kuantitas asi yang dihasilkan dari pumping akan lebih optimal juga.

Menyiapkan Pikiran dan Hati

Seperti yang baru saja dikatakan bahwa pikiran dan hati akan mempengaruhi produksi dan kualitas dari asi. Maka dari itu menyusun jadwal pumping tidak hanya sekedar menentukan waktunya saja, namun lebih penting untuk mengatur mood dan perasaan hati dari ibu sendiri.

Perasaan yang baik dan senang akan membantu memberikan produksi asi yang lebih maksimal. Sementara jika hati dan pikiran tidak fokus, maka bisa jadi kualitas serta kuantitas asi kurang baik. Maka dari itu pastikan sebelum pumping menyamankan tubuh serta pikiran terlebih dahulu.

Dengan berbagai macam tips di atas, tentunya memenuhi jadwal pumping asi terutama bagi ibu yang bekerja di kantor tidak lagi terasa sulit. Menariknya lagi, sebenarnya jadwal tersebut tidak hanya untuk dilakukan di kantor saja. Akan tetapi jika sedang bepergian misalnya berlibur bersama , atau melakukan perjalanan ke luar kota, tips di atas juga dapat memberikan yang serupa. Maka dari itu bagi para ibu dengan aktivitas yang tinggi dan dinamis, ikuti berbagai macam tips yang telah diberikan tadi supaya bayi tetap tumbuh sempurna karena nutrisi yang didapatkan dari asi eksklusif.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.