7 Amalan Sunah Rasulullah Untuk Raih Keistimewaan Bulan Safar

Avatar of PortalMadura.com
7 Amalan Sunah Rasulullah Untuk Raih Keistimewaan Bulan Safar
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan kedua dalam kalender hijriyah yaitu safar. Ada kepercayaan bahwa bulan ini sebagai bulan yang penuh bala dan akan banyak kesialan, meskipun pada dasarnya semua bulan adalah baik dan mendatangkan kebaikan.

Oleh karena itu, lakukan beberapa amalan ini untuk menghindari musibah di . Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (3/10/2019) dari laman bangka.tribunnews.com yang dikutip dari TribunStyle.com. Lantas amalan sunah apa saja yang bisa dilakukan di bulan safar?

Berikut ini penjelasannya:

Perbanyak Berdzikir

Salah satu keutamaan berdzikir yaitu memperberat timbangan di akhirat, mendatangkan pahala, dan dicintai oleh Allah SWT.

“Aku membaca subhaanallah wal hamdulillah walaailaaha illallahu wallahu akbar (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan yang berhak diibadahi selain Allah dan Allah Maha Besar). Bacaan itu lebih aku sukai daripada mendapat kekayaan sebanyak apa yang di bawah sinar matahari.” (HR.Muslim).

“Ada dua kalimat yang dicintai oleh Allah, ringan di lisan dan berat di timbangan: (yaitu bacaan) subhaanallah wabihamdihi subhaanallahil adzim.” (HR Bukhari).

“Barangsiapa di waktu pagi dan sore membaca: subahanallah wa bihamdihi seratus kali maka tidak ada seorang pun yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala yang lebih baik dari pahala yang dia bawa, kecuali orang yang membaca seperti yang dia baca atau lebih banyak.” (HR. Muslim)

Salat Duha

“Di dalam tubuh manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.”

Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?”

Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua rakaat Duha sudah mencukupimu.” (HR. Abu Dawud).

Salat Berjamaah di Masjid

Dari Abu Umamah, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang keluar dalam keadaan suci, menuju masjid untuk melaksanakan salat jamaah, maka pahalanya seperti pahala seperti orang yang sedang haji dalam keadaan ihram.” (HR. Abu Dawud).

Keistimewaan dari melaksanakan salat berjamaah di masjid adalah salah satunya mendapatkan pahala 27 kali lipat dibandingkan salat sendirian.

Membaca Al-Quran

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka dia mendapat satu pahala kebaikan. Dan setiap satu pahala itu dilipatkan menjadi 10 kali.” (HR. At Tirmidzi dan At Thabrani).

Bagi mereka yang suka membaca Alquran, banyak sekali manfaat membaca Alquran terutama untuk mengetahui ayat Alquran tentang tanggung jawab, juga mengetahui apa saja ayat Alquran tentang cinta.

Baca Juga: Komisi D DPRD Bangkalan Geram Persoalan Parkir

Memanjatkan Salawat atas Nabi

“Barangsiapa yang membaca salawat untukku sekali, maka Allah akan memberikan salawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan sepuluh kesalahan, dan diangkat sepuluh derajat.” (HR. An Nasai).

“Barang siapa yang membaca salawat untukku sekali, maka Allah akan memberikan salawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim).

Membaca Doa di antara Adzan dan Iqomah

Dari Jabir bin Abdillah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang mendengarkan adzan kemudian dia membaca doa: ‘Allahumma rabba hadzihid dawatittammah was hshalatil qaimah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wabats-hu maqamam mahmudanilladzi waadtahu'.

Artinya: ”Ya Allah, Rabb pemilik panggilan yang sempurna dan shalat wajib yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah dan fadhilah. Bangkitkanlah beliau ke tempat terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya, maka dia berhak mendapat syafaatku pada hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Memperbanyak Istighfar

Dari Ibn Abbas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang rajin beristighfar maka Allah akan berikan jalan keluar setiap ada kesulitan, Allah berikan penyelesaian setiap mengalami masalah, dan Allah berikan rizki yang tidak disangka-sangka.” (HR. Abu Dawud).

Masih banyak amalan lain yang bisa diamalkan ketika memasuki bulan Safar.

Apapun amalannya, jika sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW dan diniatkan karena Allah SWT maka akan mendapatkan pahala yang berkali lipat.

 

 

 

 

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.