7 Bahan Alami yang Dipercaya sebagai Penyubur Rambut

Avatar of PortalMadura.com
7 Bahan Alami yang Dipercaya sebagai Penyubur Rambut
Ilustrasi (kompas)

PortalMadura.Com – Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Oleh karena itu, mereka melakukan berbagai macam perawatan untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Karena ada beberapa masalah rambut yang sangat meresahkan, salah satunya rambut rontok.

Banyak hal yang menjadi penyebab rambut rontok. Seperti, penggunaan bahan-bahan kimia pada rambut, ketidakseimbangan hormon dan lain sebagainya. Menggunakan juga tidak boleh sembarangan. Sebaiknya gunakan bahan- untuk menyuburkan rambut.

Ada beberapa penyubur rambut alami yang dikenal ampuh untuk atasi rambut rontok. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Lidah Buaya yang Telah Dipercaya Sejak Dulu

Lidah buaya telah dikenal ampuh untuk mengatasi masalah rambut, termasuk kerontokan. Kandungan vitamin A, C, E, B12, asam folat dan kolin dalam lidah buaya berfungsi untuk menutrisi dan memperkuat sel rambut.

Dengan rutin mengoleskan gel lidah buaya ke rambut, maka helainya bisa lebih sehat dan tidak mudah patah. Bonusnya, rambut jadi makin hitam dan berkilau.

Air Perasan Jeruk Lemon untuk Rambut

Lemon tidak hanya penting untuk kesehatan tubuh, membantu diet, dan meningkatkan imun tubuh, tapi juga untuk menjaga kekuatan rambut.

Lemon mengandung vitamin C yang bisa membantu menguatkan folikel rambut. Alhasil, rambut rontok pun bisa berkurang.

Anda bisa mengoleskan air perasan lemon ke kulit kepala dan memijatnya selama beberapa menit. Kemudian bilas sampai bersih.

Selain memperkuat rambut, air perasan lemon juga bisa membantu mengurangi ketombe.

Baca Juga: Model Rambut Anak Laki-laki

Minyak Kelapa Murni untuk Menyuburkan Rambut

Selain lidah buaya, minyak kelapa juga dikenal bisa membantu menyuburkan rambut yang terlalu sering rontok.

Kandungan asam lemak di dalamnya bisa membantu mengurangi hilangnya protein dari rambut. Anda bisa meneteskan minyak kelapa murni ke kulit kepala dan memijatnya secara merata.

Diamkan selama semalaman dan bilas di esok harinya. Hasilnya, rambut lebih kuat dan sehat!

Minyak Kemiri untuk Menguatkan Akar Rambut

Minyak kemiri dikenal baik berguna untuk menyuburkan rambut baik untuk anak-anak maupun dewasa. Kandungan vitamin B, zat asam, lemak, dan mineral lainnya sangat bernutrisi untuk rambut.

Minyak ini bisa memperbaiki dan memperkuat akar rambut. Anda bisa mengoleskan minyak ini secara merata di kepala dan memijatnya selama beberapa saat.

Setelah itu, bilaslah dengan air bersih dan lakukan secara rutin untuk hasil yang terlihat maksimal.

Seledri sebagai Masker Rambut

Seledri mengandung kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu, rambut juga bisa tumbuh dengan lebih sehat, kuat, dan berkilau.

Caranya, siapkan air panas dan masukkan teh hijau. Selagi masih panas, masukkan daun seledri dan diamkan sampai suhunya normal.

Siapkan handuk yang sudah direndam dengan air hangat dan campuran air perasan lemon. Teteskan air seduhan teh hijau dan seledri. Pijat kepala selama 10 menit.

Setelahnya, tutup rambut dengan handuk basah selama 10 menit. Bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin.

Baca Juga: 40+ Ide Model Rambut Pendek Pria

Castor Oil untuk Memperkuat Akar Rambut

Minyak jarak atau castor oil juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Kandungan asam risinoleat dan asam lemak esensial omega-6 bisa meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Selain itu, kandungan tersebut bisa memberikan nutrisi pada kulit kepala dan memperkuat akar rambut. Dengan begitu, rambut tidak mudah rontok apalagi patah.

Bubuk Ketumbar dan Minyak Murni untuk Menebalkan Rambut

Ketumbar juga punya fungsi yang baik untuk penebalan rambut. Biji ketumbar bisa mencegah rambut rontok lebih parah dan mampu merangsang akar untuk pertumbuhan rambut yang baru.

Anda bisa menggunakan bubuk ketumbar halus yang dicampur dengan minyak murni seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Teteskan ke kulit kepala dan pijat secara lembut selama beberapa menit.

Diamkan selama beberapa saat dan bilas sampai bersih. Untuk perawatan maksimal, Anda bisa melakukan perawatan ini 2 kali seminggu.

Itulah beberapa penyubur rambut alami yang bisa Anda coba. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.