7 Buah-buahan Lokal yang Ampuh Bikin Kulit Awet Muda

Avatar of PortalMadura.com
7 Buah-buahan Lokal yang Ampuh Bikin Kulit Awet Muda
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain perawatan dari luar, untuk mendapatkan kulit yang sehat, kencang, dan bebas dari tanda-tanda penuaan yang lebih lama tentu juga memerlurkan perawatan dari dalam. Biasanya, sebagian kaum hawa melakukan eksfoliasi secara teratur, penggunaan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, dan pelembap secara teratur memang akan memberikan manfaat.

Namun, juga tidak kalah penting untuk rutin mengonsumsi buah-buahan agar bisa tetap menjaga kecantikan kulit. Hal ini merupakan salah satu cara Anda merawat kulit dari dalam. Anda tidak perlu repot-repot mencari buah impor, karena buah-buahan lokal pun punya gizi yang lengkap.

Baca Juga: 6 Jenis Sayuran yang Dipercaya Bikin Kulit Awet Muda

Berikut tujuh buah-buahan lokal dengan nutrisi tinggi yang bisa menjadikan kulit awet muda jika dikonsumsi secara teratur, seperti dikutip Merdeka.com dari Healthline:

Delima

Buah delima kaya vitamin A, C, dan E yang penting untuk melindungi kulit dari kerusakan, menjadikan awet muda, melembapkan, dan merangsang regenerasi sel kulit.

Selain itu, antioksidan yang dikandung buah delima bahkan lebih tinggi daripada teh hijau. Nutrisinya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi potensi inflamasi.

Avokad

Menggabungkan lemak sehat dalam diet Anda juga akan memberikan elastisitas dan menghasilkan kulit yang sehat. Avokad merupakan sumber lemak sehat dengan vitamin E berlimpah yang akan membantu melindungi elastisitas kulit.

Pasalnya, avokad mengandung senyawa unik yang disebut alkohol lemak polihidroksilasi. Zat ini dapat melawan inflamasi, melindungi kulit dari sinar matahari dan membantu memperbaiki DNA yang rusak. Kandungan lemak tidak jenuh tunggal yang tinggi, antioksidan lutein, dan zeaxanthin yang dikandung avokad juga akan memberikan perlindungan tambahan bagi kulit.

Tomat

Buah yang satu ini kaya akan vitamin C yang penting dalam pembentukan kolagen. Tomat juga kaya akan likopen yang bertindak sebagai tabir surya alami. Jangan lupa untuk dimasak terlebih dahulu. Sebab, likopen dalam tomat akan berlipat ganda setelah bersentuhan dengan panas.

Pepaya

Murah meriah dan mudah ditemukan di pasaran, pepaya termasuk superfood dengan kandungan lengkap vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Buah ini juga mengandung kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan kulit.

Pepaya juga mengandung enzim papain yang mampu memberikan khasiat antipenuaan berkat khasiat antiinflamasi yang dimilikinya.

Mangga

Buah ini populer dikonsumsi dan dikenal sebagai sumber vitamin A dan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Antioksidan yang terkandung dalam buah mangga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan pigmentasi.

Betakaroten yang dikandung mangga bersifat fotoprotektif. Hal ini berarti nutrisi yang terkandung di dalam buah mangga bisa membantu melindungi kulit dari efek negatif sinar ultraviolet matahari.

Belimbing

Menurut Style Craze, belimbing kaya vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, natrium, kalsium, dan zat besi. Buah ini juga mengandung senyawa polifenol, asam galat, quercetin, dan epikatekin. Konsumsi belimbing akan membalikkan proses penuaan kulit. Hal ini disebabkan oleh macam-macam antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Jeruk

“Jeruk kaya akan air dan membantu untuk mengisi ruang di antara sel-sel, meminimalkan munculnya stretch mark,” tutur ahli gizi Lyssie Lakatos, RDN, CDN, CFT dan Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, CFT, penulis “The Nutrition Twins’ Veggie Cure”.

Selain itu, vitamin C dalam jeruk membantu kulit lebih kenyal dan antioksidan di dalamnya juga bisa membantu menyembuhkan tubuh dari kerusakan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.