7 Cara Berbakti pada Orang Tua yang Sudah Wafat

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
7 Cara Berbakti pada Orang Tua yang Sudah Wafat
Ilustrasi (Pikiran Rakyat)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Berbakti kepada orang tua menjadi kewajiban seorang anak, meskipun orang tua sudah meninggal. Namun, sering kali banyak orang yang tidak paham cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Padahal hal ini sangat perlu dilakukan agar kedua orang diampuni dosa-dosanya dan ditempatkan bersama orang-orang saleh.

Ternyata cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal tidak hanya lewat doa. Ada beberapa cara lain. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini beberapa cara berbakti pada orang tua yang sudah meninggal:

Mendoakan Orang Tua

Salah satu kewajiban yang harus selalu dilakukan seorang anak, yakni mendoakan kedua orang tua baik masih ataupun sudah meninggal. Kita bisa memohon kepada Tuhan untuk menempatkan kedua orang tua kita di tempat terbaik dan penuh perlindungan.

Bisa dibilang, ini menjadi salah satu bakti anak kepada orang tuanya. Doa yang dipanjatkan oleh anak akan terus menemani orang tua, walau kondisinya sudah meninggal. Begitu juga sebaliknya, jadi ada baiknya selalu mendoakan kedua orang tua sebagai bakti.

Berkunjung ke Kerabat dan Teman Orang Tua

Cara lain untuk berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal, yakni dengan berkunjung atau bersilaturahmi ke kerabat dan teman yang dikenal baik oleh orang tua. Hal ini bisa membuat tali persaudaraan tetap baik, walau orang tua sudah meninggal dunia.

Selain itu, nama kedua orang tua pun bisa baik di mata kerabat dan teman mereka karena kita selalu menyempatkan diri untuk berkunjung demi menjaga silaturahmi. Biar bagaimana juga, mereka merupakan teman orang tua kita semasa hidup.

Baca Juga:  Niat dan Tata Cara Puasa Zulhijah

Bersedekah Atas Nama Orang Tua

Bersedekah merupakan salah satu amal untuk tabungan di akhirat nanti. Selain itu, sebagai umat manusia sudah sepantasnya untuk saling memberi dan membantu satu sama lain. Walau orang tua sudah tidak ada, sebaiknya sebagai anak tetap bersedekah atas nama mereka.

Dengan bersedekah kepada orang lain tentu akan membuat mereka dan diri kita pribadi merasa lebih bahagia. Selain itu, bersedekah juga dapat memupuk kebaikan dan pahala untuk di masa depan. Pada akhirnya rezeki pun menjadi lebih lancar karena sering bersedekah, bahkan bisa sebagai bentuk rasa syukur kepada sang Pencipta.

Menyebarkan Ilmu yang Bermanfaat

Berbakti kepada orangtua yang sudah meninggal dapat dilakukan dengan cara membagikan ilmu yang bermanfaat. Seperti halnya mengajari kebaikan, mengaji dan bersikap baik ke orang lain.

Selain bisa menjadi bentuk bakti kepada orang tua, ilmu yang telah diajarkan akan terus mengalir untuk orang yang masih hidup ataupun telah tiada.

Ilmu yang baik juga akan membuat orang-orang menyerap ilmu dan mengamalkannya di dalam kehidupannya sehari-hati. Diri kita pun bisa menjadi lebih bermanfaat dengan mengajari ilmu yang baik kepada orang lain.

Melunasi Utang Kedua Orang Tua

Apakah pernah mendengar utang dibawa sampai mati? Untuk itulah, segera lunasi utang-utang yang pernah dilakukan oleh orang tua semasa hidup. Hal ini juga bisa menjadi bakti kepada orang tua untuk melapangkan jalannya ke akhirat.

Baca Juga:  Kategori Darah Istihadah, Muslimah Wajib Tahu!

Orang tua yang mempunyai utang lalu meninggal, utangnya akan dilimpahkan kepada anaknya. Dengan adanya utang yang belum lunas membuat jalan orang tua semakin berat dan terhambat. Maka dari itu, segera lunasi utang orangtua agar jalan yang mereka menjadi lancar serta dimudahkan.

Menjaga Tali Silaturahmi dengan Saudara dan Keluarga

Menjaga tali silaturahmi dengan saudara dan keluarga menjadi suatu hal yang wajib dilakukan. Walaupun sudah kehilangan kedua orang tua, namun sebaiknya tetap menjaga persaudaraan dengan keluarga lainnya agar tidak kehilangan mereka juga.

Menjaga silaturahmi dengan saudara bisa dengan menunjukkan perhatian, berkunjung ke rumahny atau tetap berkomunikasi melalui aplikasi chat. Jangan sampai karena sifat cuek dan tidak peduli membuat kita kehilangan keluarga lainnya.

Menjaga Nama Baik Orang Tua

Orang tua yang telah meninggal bisa dengan menjaga nama baiknya. Hal ini juga merupakan kewajiban anak untuk menjaga citra orang tua.

Cara menjaga nama baik orang tua dengan tetap merahasiakan aib dan tidak menjelek-jelekannya di depan orang lain. Selain itu, usahakan jangan sampai timbul fitnah pada orang tua yang telah tiada.

Itulah beberapa cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu siapa saja yang telah ditinggal, sehingga bisa terus menjaga nama baik orang tua yang telah meninggal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.