7 Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli atau Palsu

Avatar of PortalMadura.com
Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli atau Palsu
Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli atau Palsu

PortalMadura.Com – Perhiasan emas selain digunkana untuk fashion juga sering digunakan untuk berinvestasi, karena berinvestasi emas sangat mudah dan menguntungkan.

Setelah memutuskan untuk investasi emas, maka anda harus bisa membedakan antara emas palsu atau asli, agar nantinya tidak dirugikan

Berikut cara membedakan perhiasan emas asli atau plasi yang dilansir PortalMadura.Com dari Popmama.com (14/7/2022)

Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli atau Palsu

Cara-cara ini untuk permudah membedakan perhiasan emas asli dan palsu.

1. Memerhatikan Bagian Fisik Emas

Cara pertama iyalah perhatikan bentuk fisik emas, untuk emas batangan keluaran PT Antam Tbk, normalnya akan ada cap yang menandakan kadar emas menggunakan satuan fineness dan berat emas. Ada juga yang menggunakan satuan karat dalam angka, mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

2. Digosok Ke Kulit (Skin Test)

Cara ini sangat sederhana. Pegang emas beberapa menit lalu gosokkan ke kulit anda yang berkeringat, keringat akan bereaksi dengan logam dan merubah warna kulit anda.

Baca Juga:  Serangan Virus, Petambak Udang di Sumenep Merugi

Karena ketika emas asli bersentuhan langsung dengan kulit, tidak akan ada perubahan warna. Namun, jika emas itu palsu, itu akan menyebabkan kulit anda berubah menjadi hitam, biru atau hijau.

3. Digigit Untuk Menentukan Keaslian

Emas cincin, gelang, kalung atau perhiasan lainnya merupakan logam mulia yang lunak, sehingga sangat mudah untuk dibentuk.

Ketika anda membeli emas 24K, lalu mencoba menggigitnya, maka akan ada bekas gigitan di logam mulia tersebut. Jika tidak ada bekas gigitan, bisa jadi emas tersebut palsu.

4. Menggunakan Magnet

Logam emas yang asli tidak ada daya tarik ketika didekatkan dengan magnet, karena emas termasuk logam yang sifatnya non magnetis.

Baca Juga:  Serangan Virus, Petambak Udang di Sumenep Merugi

Cara mengecek emas asli atau palsu menggunakan magnet iyalah dengan cara mendekatkan emas ke magnet, jika ada tarik-menarik maka emas tersebut palsu, begitupula sebaliklnya.

Baca Juga: Update Harga Emas Hari ini

5. Goreskan Emas Ke Kemarik

Carilah piring kemarik atau sepotong ubin dan gosokkan logam emas ke permukaannya. Emas asli akan meninggalkan bekas atau jejak warna emas. Sementara logam lain akan meninggalkan jejak warna hitam.

6. Menggunakan Cuka

Dengan cara meneteskan cuka pada logam emas. Jika logam tersebut adalah emas asli, tidak akan ada perubahan. Namun, emas palsu akan berubah warna ketika ditetesi cuka.

7. Menggunakan Aplikasi CertiEye

Cara terakhir dengan mengunduh aplikasi CertiEye di ponsel kamu. Aplikasi ini akan mencocokkan barcode yang tertera di pembungkus emas batangan.

Baca Juga:  Serangan Virus, Petambak Udang di Sumenep Merugi

Itulah beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk membedakan emas asli dan palsu. Semoga bermanfaat, dan tidak tertipu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.