oleh

7 Cara Mudah Ajarkan Anak Jadi Hafiz Alquran di Rumah

PortalMadura.Com – Memiliki anak yang cerdas, penurut, dan bisa menghafal Alquran merupakan idaman setiap orang tua. Jika Anda menginginkan anak Anda bisa menghafal Alquran, Anda harus tahu cara efektif agar anak cepat menghafal Alquran.

Mengajarkan anak menghafal Alquran bisa sejak usia dini, karena pada usia ini seorang anak bisa menyerap degan cepat yang diajarkan oleh orang tua. Berikut tujuh cara ajarkan anak menjadi penghafal Alquran dilansir dari laman Theasianparent.com, Senin (2/8/2021).

Biasakan Anak dengan Ayat Suci Alquran

Cara yang pertama dengan mengenalkan anak pada ayat suci Alquran. Bahkan sejak dalam kandungan Anda sudah bisa mengenalkan ayat Alquran pada anak Anda.

Ini bisa dilakukan oleh ibu dan ayah, dengan cara sering-seringlah membaca Alquran atau mendengarkan tilawah saat masih hamil. Dengan cara ini telinga anak akan akrab dengan bacaan Alquran

Ajarkan Melalui Video Pada Anak

Saat ini banyak sekali video yang mengajarkan tentang Alquran di Youtube. Anda bisa mengenalkan Alquran melalui video kartun kesukaan sang anak. Karena dengan cara ini akan membuat anak tidak cepat bosan belajar.

Gunakan Flash Card

Flash card merupakan kartu berwarna yang berisi huruf hijaiyah. Cara ini akan membantu anak Anda cepat memahami bacaan Alquran. Anda bisa mengenalkan cara ini saat anak berusia 6 bulan, sehingga anak akan terbiasa dengan huruf-huruf ini.

Memutar Kaset Tilawah

Cara selanjutnya bisa dengan selalu memutar kaset tilawah di dekat anak. Apalagi saat ini Anda bisa mengunduh tilawah dengan mudah melalui ponsel pintar Anda.

Menguji Bacaan Anak

Mulailah dengan bacaan surat-surat pendek yang ada pada juz 30. Setelah anak Anda bisa menghafal surat-surat pendek ini untuk selalu meguji hafalan anak agar tetap melekat di otak sang anak.

Membiasakan Anak Membaca Surat Pendek Sebelum Tidur

Kebiasaan yang satu ini akan membuat anak selalu mengingat hafalannya. Terus membiasakan cara ini agar sang nak semakin fasih dalam menghafal Alquran.

Jadikan Bacaan Alquran Sebagai Hobi

Membiasakan seorang anak membaca Alquran sehingga menjadi hobi merupakan cara terbaik untuk menjadikan anak penghafal Alquran. Caranya ajak anak membaca Alquran bersama setelah salat seperti setelah salat magrib hingga waktu salat isya.

Anda sebagai orang tua harus membuat cara belajar anak dengan menyenangkan, jangan pernah memarahi anak agar anak tidak bosan dalam menghafal Alquran. Hal yang paling penting adalah, Anda harus memberikan contoh yang baik kepada sang anak, agar anak juga terbiasa selalu membaca Alquran.

Komentar