7 Cara Percantik Diri Sesuai Ajaran Islam

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Percantik Diri Sesuai Ajaran Islam
ilustrasi (Aktual.com)

PortalMadura.Com – Setiap wanita, pada dasarnya dilahirkan dengan kecantikan. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang masih belum puas dengan apa yang telah dimilikinya. Bahkan, banyak dari kaum hawa ini yang berlomba-lomba untuk mempercantik diri, mulai dengan menggunakan krim pemutih, makeup, hingga operasi plastik. Lantas, bagaimana fenomena ini dalam pandangan Islam?.

Jauh-jauh hari Islam telah memberikan cara-cara untuk mempercantik diri dengan tanpa perlu keluar biaya mahal. Dalam Islam, cantik itu bukan sekadar fisik, melainkan juga cantik jiwa dan hati.

Sebagaimana doa bercermin: “Allahumma ahsanta khalqi fa ahsin khuluqi (Ya Allah, Engkau telah memperindah tubuhku, maka baguskanlah akhlakku)” (HR Ahmad dan Ibnu Sunni).

Berikut ini tujuh cara mempercantik diri sesuai :

Rajin Berwudu
Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudu, barang siapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya” (HR Bukhari dan Muslim).

Salat Tahajud
Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang banyak menunaikan salat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya” (HR Ibnu Majah).

Rajin Membaca Alquran
Rutin membaca Alquran akan membuat jiwa tenang dan wajah Anda menjadi berseri seolah mendapatkan nur (cahaya) dari Sang Ilahi.

Murah Senyum
Rasulullah bersabda: “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama Muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu” (HR Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Menghindari Sifat Pemarah, Sombong, dan Iri Hati
Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya di dalam jasad ada segumpal daging. Jika ia baik, baik pula seluruh jasad tersebut. Jika ia buruk, buruk pula seluruh jasad itu. Ingatlah, ia adalah hati” (HR Bukhari).

Mengenakan Jilbab Syar'i
Wanita cantik bukan orang yang mengumbar paras eloknya kepada laki-laki yang bukan muhrim. Kecantikan wanita harus disimpan hanya untuk suaminya. Maka dari itu, Islam mewajibkan kepada wanita agar mengenakan jilbab dan mengulurkannya menutupi dada.

Sebagaimana firman Allah: “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Al-Ahzab : 59).

Melakukan Perawatan tanpa Mengubah Bentuk Diri
Menggunakan makeup dan melakukan perawatan diri dalam Islam juga tidak dilarang. Wanita boleh mengenakan bedak saat keluar rumah. Wanita juga dianjurkan melakukan perawatan diri dengan bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, susu, atau madu agar kesehatan kulitnya terawat. Dengan begitu, suaminya bisa semakin cinta dan keharmonisan rumah tangga terjaga dengan baik.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan oleh kaum wanita, Islam melarang seseorang mengubah bentuk wajah dan tubuhnya tanpa alasan yang kuat.

Hal ini telah dijelaskan dalam firman Allah SWT: “Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barang siapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata” (QS An-Nisa : 119). Wallahu A'lam. (republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.