7 Cara Pilih Asuransi yang Tepat Agar Tak Menyesal di Kemudian Hari

Avatar of PortalMadura.com
7-Cara-Pilih-Asuransi-yang-Tepat-Agar-Tak-Menyesal-di-Kemudian-Hari
Ilustrasi (finansial.bisnis.com)

PortalMadura.Com – Kenapa sangat penting?. Ya, karena asuransi sangat dibutuhkan untuk melindungi diri di masa depan. Entah yang berhubungan dengan kesehatan, asuransi jiwa, keselamatan ataupun yang lainnya.

Maka dari itu, memilih asuransi yang tepat sangat penting dilakukan agar selalu terlindungi kehidupannya. Tapi, sebelum memilih asuransi, ada beberapa hal yang harus diketahui agar tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari.

Tidak hanya itu, sebaiknya Anda juga harus pahami terlebih dahulu produk asuransi yang ditawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan apa tidak.

Dilansir PortalMadura.Com, Kamis (11/11/2021) dari laman Okezone.com, Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan, dalam memilih produk asuransi untuk mendapatkan proteksi maksimal, pilihlah asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan diri.

“Calon pemegang polis asuransi harus memahami manfaat, risiko, cakupan proteksi, proses klaim, pengecualian, hak dan kewajiban nasabah. Perusahaan asuransi pun harus mengedepankan transparansi dalam memasarkan produknya,” ungkap Sekar.

7 Tips Memilih Asuransi

Selengkapnya berikut ini 7 tips memilih asuransi:

  1. Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, bukan karena tertarik kepada promo dan hadiah yang ditawarkan atau karena terpaksa.
  2. Pastikan perusahaan asuransi sudah memiliki izin OJK dan agen asuransi yang digunakan adalah agen profesional yang memiliki sertifikasi keagenan dan mampu membantu, menjelaskan secara detail dan mengurus keperluan asuransiAnda di kemudian hari.
  3. Kenali kualitas layanan perusahaan asuransi yang akan Anda pilih, terutama terkait dengan pelayanan klaim. Cari tahu melalui studi internet atau dari informasi kerabat dan teman.
  4. Ketika sudah memilih produk dan perusahaan, pastikan mengisi data dengan lengkap, jujur, dan jelas di SPPA (Surat Permintaan/Permohonan Pertanggungan Asuransi) atau SPAJ (Surat Permintaan Asuransi Jiwa) dan tidak menandatanganinya dalam kondisi kosong atau tidak lengkap.
  5. Tanyakan secara rinci mengenai manfaat yang diberikan, kondisi yang dipersyaratkan, dan pengecualian jaminannya dimana hal ini bisa menjadi alasan penolakan pengajuan klaim oleh pihak asuransi.
  6. Lakukan pembayaran premi tepat waktu agar tidak terjadi keterlambatan (outstanding) yang dapat mengakibatkan klaim tidak dibayar.
  7. Jika polis sudah diterima, baca dengan teliti polis beserta semua lampiran yang sudah diterima. Bila tidak sesuai yang disampaikan oleh agen, maka polis dapat dibatalkan atau dilakukan perubahan.

Itulah sejumlah tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih asuransi yang tepat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.