7 Dampak Buruk Cuci Muka dengan Sabun Mandi

Avatar of PortalMadura.com
7 Dampak Buruk Cuci Muka dengan Sabun Mandi
Ilustrasi (kairos.id)

PortalMadura.Com - yang banyak dijual di pasaran digunakan untuk badan badan. Namun yang terjadi sekarang, hampir sebagian orang menggunakannya untuk membersihkan kulit wajah.

Padahal menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka akan mengganggu pH kulit pada wajah. Selain itu, Anda akan merasakan efek samping jika hal itu terus dilakukan.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Boldsky.com, berikut beberapa dampak buruk mencuci muka menggunakan sabun mandi.

Kerusakan Kulit

Efek samping dengan sabun mandi yang pertama yaitu meningkatkan risiko kerusakan kulit pada wajah. Sebab, sabun mandi dibuat dari bahan kimia yang dapat membahayakan kulit wajah. Penggunaan sabun mandi pada wajah juga bisa mengurangi minyak alami kulit dan akan membuat wajah menjadi terlihat menjadi kering dan kusam.

Kulit Menjadi Kering

Efek samping cuci muka dengan sabun mandi selanjutnya yaitu meningkatkan risiko kulit wajah menjadi kering. Hal ini tidak terlepas dari kandungan asam kaustik yang dapat menghilangkan minyak alami yang diproduksi kulit. Efek samping cuci muka dengan sabun mandi inilah yang akhirnya membuat kulit terlihat tipis dan akhirnya mulai mengelupas bahkan hingga mengalami keriput.

Memengaruhi Kesehatan Kulit

Apabila Anda nekat menggunakan sabun mandi secara terus menerus, maka akan menghilangkan lipid alami pada kulit. Padahal, adanya lipid alami pada kulit ini berfungsi untuk melindungi kulit dari infeksi. Jika kandungan lipid pada kulit berkurang, maka akan meningkatkan risiko terserang bakteri serta infeksi virus pada kulit. Dengan kata lain, efek samping cuci muka dengan sabun mandi akan memengaruhi kekebalan kulit.

Mengganggu Keseimbangan pH Kulit

Seimbangnya kandungan pH pada kulit wajah menjadi sangat penting. Hal tersebut karena pH akan membantu mencegah bakteri dan segala jenis infeksi yang bisa menyerang kulit wajah. Selain itu, pH pada kulit sendiri dapat membantu mencegah kulit kering dan bersisik.

Berisiko Menyumbat Pori-pori Kulit Wajah

Salah satu efek samping cuci muka dengan sabun mandi selanjutnya yaitu risiko adanya penyumbatan pori-pori yang terjadi di kulit wajah. Hal ini, tidak lain disebabkan karena sebagian besar sabun mandi yang dijual di pasaran memiliki kandungan asam lemak yang dapat menjadi menyumbat pori-pori di kulit wajah.

Dalam jangka panjang, penyumbatan pori-pori pada kulit wajah ini akhirnya akan menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya, seperti komedo, jerawat, dan infeksi.

Menghilangkan Vitamin pada Kulit Wajah

Adanya kandungan vitamin D pada kulit wajah juga akan berisiko menghilang apabila menggunakan sabun mandi sebagai sabun untuk cuci muka.
Kandungan vitamin D yang dihasilkan dari paparan sinar matahari akan rusak oleh bahan kimia yang terkandung di dalam sabun mandi tersebut. Padahal, vitamin ini menjadi sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah Anda.

Menghancurkan Mikroorganisme Baik

Efek samping cuci muka dengan sabun mandi yang terakhir yaitu meningkatkan risiko hancurnya berbagai mikroorganisme baik yang terdapat pada kulit wajah. Padahal, berbagai jenis mikroorganisme baik ini merupakan mikroorganisme yang akan membantu melawan berbagai infeksi yang bisa sewaktu-wakut menyerang kulit.

Tidak terdapatnya mikroorganisme baik tersebut akan membawa masalah kulit lainnya, seperti jerawat, hingga kemerahan pada wajah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.