7 Fungsi Concealer yang Tak Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
7 Fungsi Concealer yang Tak Anda Ketahui
Ilustrasi (POPBELA.com)

PortalMadura.Com – Peralatan makeup sampai saat ini masih menjadi bagian penting dalam menunjang penampilan. Dengan menggunakan alat kemungkinan besar lebih mempermudah proses pengaplikasian makeup.

Salah satu produk atau alat makeup yang harus dimiliki oleh para makeup artist (MUA) yaitu . Karena, fungsi dari alat makeup ini tidak bisa digantikan dengan yang lainnya. Adapun fungsi utamanya yaitu untuk menyamarkan kekurangan di wajah. Sebenarnya, tidak cuma tukang makeup saja, para pemula yang kesehariannya selalu berkecimpung dengan makeup juga perlu menyediakannya.

Apalagi bagi kaum wanita yang suka bereksperimen dengan pola makeup kekinian. Memiliki alat makeup ini tentu cukup membantu menunjang proses pembelajaran.

Apabila Anda sudah lihai memakai concealer, kulit Anda akan tampak lebih mulus. Keunggulan dari concealer yang mungkin belum Anda ketahui yaitu bisa digunakan oleh berbagai jenis kulit, tinggal menyesuaikan dengan jenis concealer nantinya.

Lalu, apa saja fungsi lain dari concealer?.

Dilansir dari PortalMadura.Com, Senin (26/8/2019) dari laman Liputan6.com yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa dalam makeup:

Menutup Noda Bekas Jerawat

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi concealer yang paling utama adalah menyamarkan kekurangan di wajah. Jadi, dengan menggunakan concealer, dapat menutupi noda bekas jerawat dengan sempurna karena formulanya yang lebih pekat.

Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari cara mengaplikasikannya terlebih dahulu agar bisa mendapatkan wajah yang mulus dan kekurangan yang ada di wajah menjadi tersamarkan.

Menyempurnakan Bentuk Alis

Membentuk alis memang terbilang susah-susah gampang. Saat Anda merasa kesulitan mengaplikasikannya, tidak ada salahnya menggunakan concealer. Karena fungsi concealer juga bisa menyempurnakan bentuk alis.

Misalnya terkait kerapiannya, ketika Anda menggambar alis dan hasilnya tidak rapi, maka concealer adalah solusi mengakalinya. Bahkan concealer juga bisa membuat tampilan alis lebih terlihat tegas.

Untuk Contouring dan Highlight

Selain itu, fungsi lain dari concealer adalah untuk memberi contouring atau highlight pada bagian wajah tertentu. Biasanya bagian-bagian wajah yang biasa diberi highlight atau contouring adalah pada area bawah mata, tulang hidung, dagu, jidat bagian tengah, dan lain-lain.

Nah, Anda bisa menggunakan concealer sebagai pengganti produk contouring dan highlight tersebut. Caranya, Anda harus memilih shade yang lebih terang dibanding warna kulit atau foundation untuk highlight dan memilih shade yang lebih gelap untuk contouring.

Solusi Tepat untuk Bibir Tipis

Tidak cuma digunakan di area hidung dan pipi, alat ini juga bisa Anda coba di bibir. Kegunaannya adalah untuk menambah volume bibir. Bagi Anda yang mempunyai bibir dengan ukuran kecil atau tipis, cara ini bisa membantu untuk mendapatkan tampilan makeup yang berbeda dari biasanya.

Baca Juga : 5 Cara Tepat Mengaplikasikan Concealer Pada Kulit Wajah

Caranya, gunakan concealer di dua ujung bibir dan sedikit di bawah bibir. Hasilnya bibir akan lebih terbentuk. Lalu, aplikasikan lipstik seperti biasa. Dengan fungsi concealer satu ini, maka warna lipstik yang Anda pakai akan semakin keluar. Selain itu, saat menggunakan lip cream tidak akan terlihat berantakan bila Anda menggunakan concealer untuk membentuk bibir terlebih dahulu.

Menyamarkan Garis Halus di Bawah Mata

Fungsi concealer selanjutnya adalah untuk menyamarkan garis halus di bawah mata. Beberapa wanita memiliki garis halus yang mengganggu di bagian bawah mata. Untuk menyamarkannya, Anda bisa menggunakan concealer.

Tapi sebelum melakukannya, Anda harus mempelajari dulu tekniknya. Jangan sampai karena belum begitu tahu dan mengerti, Anda malah membuat garis halus di bawah mata tersebut bukannya hilang malah tampak jelas.

Primer untuk Riasan Mata

Anda juga bisa memanfaatkan fungsi concealer untuk primer riasan mata. Sebelum merias mata dengan eyeshadow, Anda bisa menggunakan concealer terlebih dahulu. Hal ini bisa membuat eyeshadow yang Anda gunakan lebih terlihat dari biasanya.

Setelah menggunakan concealer secukupnya pada area kelopak mata, Anda bisa memakai eyeshadow kesukaan Anda agar riasan mata semakin terlihat menakjubkan. Selain itu, masih terkait dengan riasan mata, concealer juga bisa memperbaiki bentuk winged eyeliner yang Anda terapkan.

Jadi, saat Anda merasa ketebalan atau terlihat tidak rapi, Anda tidak perlu menghapusnya. Dengan mengaplikasikan concealer pada kuas kecil, maka Anda sudah bisa merapikan eyeliner yang Anda gunakan, bahkan bisa sekaligus mempertegas bentuknya.

Sebagai Pengganti Foundation

Fungsi dari concealer yang terakhir yaitu bisa dijadikan pengganti dari foundation. Anda bisa menggunakan concealer cair atau yang berbentuk krim dengan dicampur pelembap wajah. Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikannya dengan spons yang sudah dibasahi sedikit air agar hasilnya lebih merata. Cara ini efektif sekali digunakan bila Anda sedang kehabisan foundation.

Itulah berbagai macam fungsi concealer yang bisa Anda terapkan di rumah. Selain merupakan produk atau alat makeup yang multi fungsi, penggunaan concealer sebetulnya tidak begitu merepotkan. Apalagi Anda juga bisa membawanya ke mana-mana. Dengan sedikit belajar dan pengalaman menggunakannya setiap hari, Anda akan terbiasa dan akan lebih mahir menggunakannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.