oleh

7 Jenis Obat Herbal yang Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes

PortalMadura.Com – Bagi penderita diabetes memang harus pasrah dan berhati-hati, bahkan tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Setiap makanan yang mengandung gula harus dihindari, hal ini untuk mencegah peningkatan kadar gula di dalam tubuh.

Ketika hal itu diabaikan, justru dapat menimbulkan dampak kesehatan seperti kelelahan, kerusakan saraf, gagal ginjal, penyakit jantung, hingga tidak sadarkan diri atau koma. Tak heran apabila para penderita diabetes harus menjaga asupan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.

Selain dengan pengobatan, diabetes juga harus diimbangi melalui pola makan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi mereka.

Seperti yang dilansir PortalMadura.Com dikutip dari Okezone, untuk menghindari peningkatan dan mengontrol kadar gula darah, ternyata ada 7 jenis obat herbal yang dapat dikonsumsi para diabetesi.

Kulit Manggis
Didalam kulit manggis terdapat zat xanthone yang bermanfaat untuk menurunkan terjadinya resistansi pada gula darah. Sehingga dalam pemakaian yang teratur, kulit manggis disinyalir juga bisa untuk mengobati diabetes. Bahkan, kulit manggis disinyalir juga bisa untuk mengobati diabetes.

Kayu Manis
Kayu manis ditengarai bisa menyembuhkan penyakit diabetes. Karena kandungannya bisa menyeimbangkan kadar gula darah. Sehingga bermanfaat untuk mencegah komplikasi karena diabetes.

Daun Sirsak
Tanaman sirsak memiliki buah yang lezat untuk disantap dan daun yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Daun sirsak banyak dipercaya dapat mengatasi asam urat dan rematik.

Loading...

Baca Juga : Satu Pelaku Ditangkap, Istri Korban Penganiayaan di Pamekasan Tak Terima

Akan tetapi manfaatnya yang tidak kalah populer adalah tentu saja dapat membantu mengontrol gula darah dan sebagai obat herbal diabetes.

Mahkota Dewa
Buah lain yang didapuk sebagai obat herbal diabetes adalah mahkota dewa. Buah yang kaya antioksidan ini dipercaya dapat menstabilkan gula darah.

Penggunaan buah mahkota dewa untuk diabetes adalah dengan mengeringkan buahnya untuk kemudian direbus dan diminun air rebusannya.

Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi, dengan kadar gula yang cukup rendah. Lemak tak jenuh tunggal dapat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol serta memperlambat tubuh untuk menyerap kandungan gula.

Teh Chamomile
Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa, teh chamomile dapat menjadi alat yang efektif untuk mengatur gula darah.

Bahkan, University of Toyama di Jepang telah melakukan sebuah penilitian dengan hasil yang cukup positif. Kadar gula darah seorang pengidap diabetes yang telah diberikan ekstrak teh chamomile, berhasil menurun cukup drastis.

Apple Cider Vinegar
Menambahkan bahan baku ini kedalam makanan Anda, ternyata dapat mengurangi kadar gula darah. Sebuah studi yang dilakukan oleh Arizona State University mengatakan bahwa para pengidap diabetes dan prediabetes, dianjurkan menambahkan 2 sdm cuka ke dalam setiap makanan mereka, karena dapat mengurangi sensitivitas insulin postprandial yang cukup besar.


Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : okezone.com

Komentar