7 Kebiasaan Hidup Yang Terbukti Mengurangi Risiko Terkena Demensia

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Tim PortalMadura.com

7 Kebiasaan Hidup Yang Terbukti Mengurangi Risiko Terkena Demensia
7 Kebiasaan Hidup Yang Terbukti Mengurangi Risiko Terkena Demensia

PortalMadura.com- adalah penyakit yang menyerang otak dan menyebabkan penurunan kemampuan kognitif seseorang, termasuk memori, berpikir, dan berbicara.

Meskipun tidak ada obat untuk demensia, ada beberapa kebiasaan hidup sehat yang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Selain mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat membantu mengurangi risiko demensia pada usia paruh baya.

7 Kebiasaan Mengurangi Risiko Terkena Demensia

Para peneliti di Brigham and Women's Hospital di Boston, Massachusetts, melacak hampir 14.000 wanita berusia 50-an selama dua dekade.

Masing-masing disurvei berdasarkan tujuh faktor gaya hidup dan kemudian dipantau untuk diagnosis penyakitnya.

Para peneliti mengatakan penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mengikuti tujuh kebiasaan gaya hidup di usia paruh baya ini dapat mengurangi risiko demensia.

Berikut ini tujuh kebiasaan sehat yang telah terbukti dapat membantu mengurangi risiko demensia.

1. Berhenti Merokok

Merokok telah terbukti dapat merusak kesehatan kita, termasuk meningkatkan risiko demensia. Riset telah menunjukkan bahwa orang yang merokok memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami demensia dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Jadi, jika Anda merokok, berhenti sekarang juga untuk menjaga kesehatan otak Anda.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan telah terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi risiko demensia.

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu menjaga otak kita tetap sehat dan meminimalkan kerusakan sel-sel otak.

3. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga tidak hanya membantu menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar, tetapi juga dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh demensia.

Olahraga telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak baru, dan memperkuat hubungan antara sel-sel otak.

4. Jaga Berat Badan Sehat

Obesitas telah terbukti dapat meningkatkan risiko demensia. Jadi, untuk mengurangi risiko demensia, penting untuk menjaga berat badan yang sehat. Mengonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga secara teratur dapat membantu menjaga berat badan kita tetap sehat.

5. Kurangi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol berlebih telah terbukti dapat merusak kesehatan otak dan meningkatkan risiko demensia. Jadi, jika Anda mengonsumsi alkohol, pastikan untuk membatasi jumlahnya dan minum dengan bijak.

6. Cukupi Kebutuhan Tidur Anda

Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan otak kita dan meningkatkan risiko demensia. Jadi, penting untuk memastikan kita cukup tidur setiap malam untuk menjaga kesehatan otak kita. Dewasa ini, 7-8 jam tidur setiap malam dianggap sebagai jumlah yang ideal.

7. Lindungi Kepala Anda Dari Cedera

Cedera kepala seringkali dapat menyebabkan kerusakan otak yang serius dan meningkatkan risiko demensia. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi kepala Anda dari cedera, terutama saat berolahraga atau melakukan kegiatan yang berisiko tinggi.

 

Jangan Lupa Akses Berita dari Kami di Google News & Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.