oleh

7 Keutamaan Alquran yang Perlu Umat Islam Ketahui

PortalMadura.Com – Kitab suci umat Islam yaitu Alquran. Kitab ini berisi pedoman hidup bagi seluruh muslim. Sehingga ini menjadi sumber hukum tertinggi dalam Islam.

Membaca Alquran menjadi ibadah yang akan mendapat pahala. Selain itu, Alquran juga perlu diamalkan dan dipelajari karena terdapat perintah dan larangan Allah didalamnya. Sehingga Alquran menjadi begitu istimewa. Lantas apa keistimewaan Alquran?

Berikut penjelasannya:

Keseimbangan Kata
Beberapa kata dalam Alquran dan ayatnya, ternyata saling berpasangan dan memiliki jumlah yang seimbang. Contohnya: kata ‘Hayat’ dan ‘maut’ yang berarti hidup dan mati. Kata-kata tersebut diulang-ulang dalam Alquran, masing-masing sebanyak 145 kali.

Selain itu juga ada kata ‘musibah’ dan ‘sukar’ yang artinya bencana dan syukur. Kata-kata tersebut diulang-ulang dalam Alquran sebanyak 75 kali.

Jika direnungkan lebih dalam, keseimbangan kata ini mengandung hikmah, bahwa hidup akan berakhir dengan kematian. Demikian juga dibalik setiap musibah, selalu ada nikmat Allah yang bisa disyukuri.

Jumlah Bilangan yang Tepat
Beberapa kata dalam Alquran ternyata berkaitan dengan rumusan matematika. Contohnya, terkait penanggalan modern.

Anda tahu dalam 1 tahun terdapat 12 bulan terdiri dari 365 hari. Nah, dalam Alquran, kata ‘syahr’ yang artinya bulan itu jumlahnya ada 12. Sedangkan kata ‘yaum’ ynag artinya hari, jumlahnya ada 365.

Kesamaan itu tentunya bukan kebetulan. Ada perhitungan Allah yang Maha Teliti di sana. Dan, ini membuktikan bahwa Alquran bukanlah buatan manusia, tapi benar-benar kalamullah.

Kitab yang Paling Mudah Dihafal
Alquran yang terdiri dari ribuan ayat dalam 114 surat yang terbagi menjadi 30 juz, ternyata bisa dihafal. Bahkan oleh anak kecil atau lansia sekalipun. Buktinya?

Setiap tahun, ratusan hafiz terlahir dari madrasah Alquran yang tersebar di berbagai negara. Di Iran, ada seorang anak bernama Husein bin Thoba Thoba’i yang mampu menghafal Alquran sejak usia 5 tahun. Lebih dahsyat lagi, seorang anak dari Aljazair bernama Abdurrahman Farih. Dia sudah hafal Alquran sejak umur 3 tahun.

Ilmu Pengetahuan
Alquran banyak menyingkap rahasia tentang persoalan ilmiah yang bahkan masih jadi tanda tanya para ilmuan dunia. Salah satunya tentang gunung.

Allah SWT berfirman: “Dan telah kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh sehingga bumi tidak goncang bersama mereka…” (QS Al Anbiya: 31)

Dalam ilmu geologi modern, terungkap bahwa gunung memang berfungsi untuk mencegah goncangan bumi.

Gunung tercipta dari lempengan bumi yang bergerak dan bertabrakan jutaan tahun lalu. Lempengan inilah yang diketahui bisa berfungsi menahan tenaga dari dalam bumi.

Dengan demikian, apa yang disampaikan Allah dalam Alquran itu berkesesuaian dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh manusia melalui metode ilmiah. Sebab, pad dasarnya semua ilmu pengetahuan itu bersumber dari Allah SWT.

Keindahan Alquran
Dalam membaca Alquran ada aturan tajwid yang harus diterapkan. Demikian juga, ada yang disebut qiroaah atau langgam bacaan. Alquran bahkan bisa disuarakan dengan sangat merdu dengan kedua tuntunan tersebut (tajwid dan qiroah).

Bukan hanya merdu, keindahan Alquran juga terdapat dalam tata bahasa yang apik dan tidak mungkin bisa ditiru oleh manusia. Buktinya?

Pada masa setelah nabi Muhammad SAW wafat, ada seorang nabi palsu bernama Musailamah Al kazab. Dia berusaha membuat kitab tandingan Alquran. Namun hasilnya, nihil. Kitab yang dibuat Musailamah ini isinya sama sekali tidak bermakna, bahkan struktur bahasanya pun sama sekali tidak indah.

Keaslian Alquran
Allah SWT menjamin keaslian Alquran. Dari sejak pertama kali diturunkan, memang ada sebagian orang yang ingin mengubah atau menambahkurangi isi alquran, namun usaha tersebut selalu berhasil digagalkan oleh umat Islam.

Berisi Kisah Terdahulu dan yang Akan Datang
Kisah-kisah dalam Alquran ini sifatnya bukan dongeng melainkan kisah yang sesungguhnya terjadi di masa lalu. Lewat kisah ini, ada hikmah dan pelajaran yang bisA dipetik untuk masa depan. (islampos.com/Desy)