oleh

7 Langkah Mengenalkan Binatang pada Anak

PortalMadura.Com – Nama-nama binatang jadi salah satu hal yang wajib diajarkan orang tua pada anak pada usia balita. Ternyata mengenalkan anak kepada binatang juga dipercaya akan membentuk rasa kasih sayang dan juga empati. Selain itu, binatang juga bisa menjadi teman yang baik, jika memang Anda mengizinkan si kecil memelihara binatang.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Kamis (23/7/2020) berikut cara-cara mengenalkan binatang pada anak yang perlu Anda tahu.

iklan pilbup

Nonton Film Kartun dengan Karakter Binatang

Anak kecil biasanya senang menonton kartun. Kartun menjadi jenis hiburan yang dapat membuat anak menjadi senang. Anda seharusnya memanfaatkan hal tersebut untuk mengenalkan binatang pada anak. Anda perlu mendampingi anak saat sedang menonton film kartun yang menghadirkan beberapa karakter binatang menggemaskan.

Anda bisa mengenalkan masing-masing nama dari karakter binatang di film tersebut, seperti “Itu Kucing”, “Kalau yang ini namanya Jerapah”, dan semacamnya. Anda juga bisa memberikan sedikit fakta unik tentang masing-masing binatang itu.

Belajar Alfabet dengan Nama-Nama Binatang

Usia anak yang sudah mencapai setidaknya 1 tahun, sebenarnya sudah bisa mengenalkan alfabet. Anda dapat turut mengenalkan nama-nama binatang kepadanya. Hal ini bisa dilakukan dengan menyediakan buku alfabet yang menghadirkan alfabet yang disandingkan dengan nama binatang yang diawali huruf-huruf alfabet tertentu.

Dalam proses itu Anda bisa menjelaskan beberapa fakta unik mengenai binatang tersebut kepada anak Anda. Lakukanlah dengan cara dan gaya bahasa yang sederhana agar mudah dipahami.

Bacakan Buku Cerita Fiksi Tentang Binatang

Membaca buku salah satu aktivitas yang dinilai baik untuk perkembagan kinerja otak anak. Anda juga bisa membacakan buku cerita di mana si Kecil mendengar dan menyimak Anda. Hal ini dinilai memiliki kemampuan yang positif dalam memperkaya penggunaan bahasa anak, sekaligus meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas yang menjadi tolak ukur seorang anak yang genius.

Anda sangat disarankan untuk melakukannya dengan memanfaatkan buku-buku cerita yang mengusung tema mengenai binatang atau setidaknya menampilkan karakter binatang. Hal ini sangat efektif dalam memperkaya pemahaman anak mengenai nama-nama dari berbagai jenis binatang. Anda bisa turut mengajak si Kecil bicara untuk membahas binatang-binatang yang ditampilkan pada buku cerita.

Berikan Aktivitas Menggambar Binatang

Saat anak sudah aktif dalam membaca buku bersama Anda, ada baiknya apabila Anda turut mendorong si Kecil untuk bisa menulis atau menggambar. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan buku mewarnai yang menghadirkan karakter-karakter binatang, di mana si Kecil juga diminta untuk menyambungkan titik-titik yang membentuk garis pada beberapa bagian tubuh dari karakter binatang.

Namun, apabila Anda ingin fokus pada kegiatan menulis, Anda bisa memanfaatkan buku mewarnai yang membuat si Kecil menulis nama dari karakter binatang yang ditampilkan, atau setidaknya menghubungkan titik-titik pada huruf-huruf yang menunjukkan nama binatang.

Saat itulah Anda bisa membantunya menyebut nama dari masing-masing binatang dan membangun komunikasi sederhana mengenai karakter-karakter binatang tersebut.

Menyanyikan Lagu Bertemakan Binatang

Musik selalu menjadi sarana hiburan yang sangat menyenangkan. Baik Anda maupun anak pasti senang sekali saat mendengar alunan nada-nada indah dan seru dari musik kesukaan kalian. Maka dari itu, cobalah untuk memanfaatkan musik untuk mengenalkan binatang pada anak.

Caranya sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya butuh menyalakan lagu-lagu bertemakan binatang dan mengajaknya menyanyi bersama. Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal dalam upaya mengenalkan jenis binatang pada anak, lakukanlah kegiatan ini berulang-ulang.

Dekorasi Kamar dengan Tema Binatang

Anak pasti menyukai suasana baru untuk dinikmati. Anda disarankan untuk menghadirkan suasana bertemakan binatang di dalam kamarnya melalui dekorasi yang menampilkan karakter binatang. Anda bisa menonjolkan karakter binatang pada dinding si Kecil, berbagai barang di kamar yang menampilkan figur binatang dan hal semacamnya.

Hal tersebut bisa membuat anak melihat binatang sesering mungkin. Setidaknya, karakter-karakter binatang tersebut menjadi pemandangan yang pertama dilihatnya saat bangun pagi dan pemandangan terakhir saat si Kecil hendak tidur.

Berkunjung ke Kebun Binatang

Cara yang paling efektif adalah dengan membawa si Kecil untuk benar-benar merasakan pengalaman bertemu binatang secara langsung. Hal ini akan membuatnya lebih cepat mengerti sekaligus merasakan empati tertentu saat bertemu binatang.

Maka dari itu, saat anak masih menginjak usia yang masih dini, sebaiknya Anda sudah mengenalkan berbagai macam jenis binatang dengan membawanya ke kebun binatang. Anda bisa memperlihatkannya sembari menjelaskan beberapa fakta menarik mengenai binatang tersebut.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar