oleh

7 Langkah Mudah Biasakan Anak Rajin Mencuci Tangan

PortalMadura.Com – Mencuci tangan bukan hal yang sulit. Sebaliknya, cara ini adalah cara yang murah dan mudah dilakukan. Namun pada kenyataannya tak semua orang mau melakukan hal tersebut. Membuat diri sendiri rutin mencuci tangan sudah merupakan tantangan yang cukup sulit, terutama bagi anak.

Dengan adanya pandemi virus Corona, sebagai orang tua, Anda harus berusaha membuat anak rajin mencuci tangan mereka. Mencuci tangan adalah cara yang mudah, murah, dan efektif untuk mencegah penyebaran kuman dan menjaga anak-anak dan orang dewasa tetap sehat. Orang tua memainkan peran penting untuk mengajarkan anak cara cuci tangan yang tepat.

Mencuci tangan bisa menjadi kebiasaan sehat seumur hidup jika Anda mulai mengajarkannya sejak usia dini. Jangan khawatir, sulit bukan berarti tidak mungkin. Melansir dari fimela.com dikutip sheknows.com, berikut ini adalah beberapa langkah membuat anak rajin mencuci tangan mereka, penasaran? Yuks simak dibawah ini.

Menggunakan Sabun Favorit Anak
Anak akan rajin mencuci tangan, ketika Anak menggunakan sabun favoiritnya.

Bernyanyi
Terkadang Anda harus menjadi orang tua yang kreatif. Tidak mudah membuat anak rajin mencuci tangan mereka, terutama dengan adanya aturan 20 detik, namun Anda bisa mempermudahnya dengan mengajak mereka bernyanyi. Ciptakan lagu sendiri yang bisa mereka ingat dengan mudah.

Tes Handuk
Tes handuk bisa Anda gunakan untuk melihat apakah anak benar-benar mencuci tangan mereka dengan bersih. Siapkan handuk putih di dekat tempat cuci tangan, jika kotoran masih muncul di handuk tersebut, berarti anak belum mencuci bersih tangan mereka.

Mengajari Anak Cara Mencuci Tangan yang Benar
Mencuci tangan tidak hanya sebatas telapak tangan dan ujung jari saja, namun juga area di antara jari-jari. Pastikan Anda mengajarkan cara yang tepat untuk mencuci tangan kepada anak.

Membersihkan Permukaan Barang-barang di Sekitarmu
Setiap minggu, bersihkan permukaan dari setiap barang yang ada di sekitarmu. Cara ini akan mencegah penyebaran kuman atau virus.

Mengajari Anak Tentang Risiko Penyebaran Kuman
Tidak perlu menakuti anak, namun penting untuk mengajari mereka tentang mengapa penting mencuci tangan secara rutin.

Mempersiapkan Tisu Basah atau Hand Sanitizer
Jika air dan sabun tidak tersedia, berikan anak tisu basah disinfektan atau hand sanitizer yang bisa mereka bawa kemana-mana.

Itulah beberapa langkah membuat Anak rajin mencuci tangan. Semoga informasinya bermanfaat dan semoga informasinya bermanfaat.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar