oleh

7 Langkah Sukses Memulai Bisnis Konveksi dari Rumah

PortalMadura.Com – Konveksi merupakan usaha industri rumah tangga yang memproduksi berbagai bentuk pakaian jadi seperti kaos, celana, kemeja dan produk pakaian lainnya. Sampai saat ini usaha konveksi terus berkembang, karena kebutuhan pakaian selalu ada bahkan meningkat.

Oleh sebab itu, peluang usaha di bidang ini masih banyak diminati oleh para pebisnis. Untuk memulainya, tentu dibutuhkan rencana dan  strategi yang tepat supaya bisnis yang dibangun bisa sukses. Lantas, apa yang harus dilakukan?.

Dilansir PortalMadura.Com, Senin (26/7/2021) dari laman Idntimes.com, berikut beberapa hal yang perlu dipahami agar bisnis konveksi yang dimulai bisa sukses dan menguntungkan:

Persiapkan Modal

Modal menjadi hal utama yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis apa pun termasuk bisnis konveksi. Tentukan modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini.

Perhitungkan dengan pasti berapa modal yang dibutuhkan untuk membeli alat dan bahan baku, seperti mesin jahit, mesin obras, meja potong, dan peralatan lain yang diperlukan untuk proses produksi.

Mulai dari Tempat yang Telah Dimiliki

Usaha konveksi tidak harus selalu dijalankan di tempat yang luas dan menyewa tempat tertentu. Anda bisa memulainya dari tempat telah dimiliki, seperti rumah, ruangan kosong yang ada di rumah dan memungkinkan menjadi tempat konveksi, atau lahan lainnya yang telah dimiliki.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk awal untuk memulai bisnis konveksi, daripada harus repot membeli atau bahkan menyewa tempat untuk menjalankan usaha yang pada dasarnya hanya membutuhkan tempat untuk meletakkan berbagai mesin khususnya mesin jahit, dan alat operasional lainnya.

Tetapkan Harga

Sebagian pengusaha kesulitan dalam menentukan harga, takut terlalu mahal tapi juga takut terlalu murah. Bahkan kita tahu, “harga teman” masih berlaku di sebagian kalangan.

Melihat hal tersebut maka perhitungkanlah masalah harga ini dengan baik. Tidak ada salahnya memberikan harga special kepada teman maupun keluarga. Namun, tetap realistis terhadap harga saing di pasar dan tingkat kesulitannya juga harus dipertimbangkan.

Tentukan Strategi Pemasaran dan Lakukan Promosi

Hal selanjutnya yang harus dilakukan pada bisnis konveksi adalah menentukan strategi pemasaran. Hal ini termasuk kunci penentu nasib usaha konveksi yang Anda kelola. Tentunya, strategi yang matang dan tersusun rapi akan sangat membantu dalam kesuksesan usaha.

Setelah strategi tersusun, lakukan promosi. Hal ini bisa Anda lakukan melalui media sosial dan kerabat. Anda bisa memulai dengan menawarkan jasa konveksi ini kepada lingkungan yang Anda kenal dan sekiranya membutuhkan jasa konveksi.

Tawarkan Kerja Sama

Pada umumnya, bisnis konveksi memang dijalankan dengan membangun banyak kerja sama dengan beberapa vendor yang menunjang kebutuhan bisnis konveksi, seperti penjual bahan dan printilan jahit lainnya. Tidak hanya itu, beberapa konveksi juga kerja sama dengan pabrik besar juga.

Terkadang beberapa pabrik besar ini membutuhkan jasa dari usaha konveksi untuk membantu pengerjaan proyek mereka. Biasanya, rumah produksi yang memiliki skala lebih luas membutuhkan jasa menjahit dan memotong.

Tawarkan Produk yang Berkualitas

Konsumen, baik individu maupun perusahaan, selektif dalam memilih produk yang akan mereka beli. Tentunya konsumen tersebut ingin produk dengan bahan dan hasil yang berkualitas.

Terkadang ada konsumen yang menginginkan produk tersebut dari bahan bermerek dengan keunikan tersendiri. Namun, hal ini kembali lagi pada pangsa pasar yang konveksi Anda tuju.

Tawarkan Pakaian Jadi

Fokus pada produk mentah tidak selamanya membawa keuntungan. Bila ada kesempatan, cobalah untuk mulai membuat pakaian jadi di konveksi. Hal ini bisa menjadi alternatif ketika produk lainnya mengalami penurunan penjualan atau jika Anda ingin mengembangkan bisnis konveksi Anda menjadi tidak gitu-gitu aja.

Komentar