oleh

7 Rahasia Kecantikan Alami Wanita Yunani Kuno

PortalMadura.Com – Di masa peradaban Yunani Kuno, para kaum wanitanya mempunyai ritual kecantikan untuk merawat kulit sehari-hari. Atas perawatannya itu, tidak heran, jika mereka dikenal karena kecantikan dan eksotismenya.

Kecantikannya itu dapat dilihat dari kulitnya yang sehat dan alami. Bahkan, kecantikan wanita Yunani menjadi idola bagi sebagian besar perempuan di dunia. Tahukah Anda, apa rahasianya?.

Ternyata, selain faktor genetik dengan bentuk wajah yang menarik, wanita Yunani memiliki kesadaran bahwa cantik itu berasal dari perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Sebagai peradaban dengan sejarah panjang yang terdokumentasi dengan baik, Yunani jelas punya banyak resep kecantikan yang masih bisa digunakan hingga zaman sekarang.

Tahukah Anda, kaum aristokratnya disebut-sebut telah mewariskan kosmetik kepada manusia modern. Ingin tahu apa saja?. Berikut ini deretan tips cantik peninggalan Yunani kuno seperti dilansir Merdeka.com yang dikutip dari Byrdie:

Minyak Zaitun untuk Wajah, Rambut, dan Kulit

Pasalnya, para wanita dari zaman Yunani kuno menggunakan minyak zaitun untuk wajah, rambut, tangan, sampai dengan kaki. Tidak hanya untuk kecantikannya, mereka juga mengonsumsi minyak zaitun untuk kesehatan.

Wanita dari Kreta melapisi rambut mereka dengan minyak zaitun untuk merawatnya. Sementara di Thrace, para wanita menggunakan minyak zaitun untuk merawat kulit tangan yang kering dan pecah-pecah.

Satu lagi khasiat minyak zaitun yang dipercaya orang Yunani, yaitu menutrisi kulit wajah. Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu menuangkannya ke tangan dan usap ke wajah.

“Tuang sedikit minyak zaitun ke tangan dan tekan lembut pada wajah,” saran pemilik studio perawatan kulit Athena Ellen di San Francisco, Amerika Serikat, Athena Ellen.

Susu untuk Mencerahkan Kulit

Umumnya, susu dikonsumsi secara langsung oleh banyak orang. Tapi siapa sangka, wanita Yunani justru memanfaatkannya untuk perawatan kulit. Karena, wanita bangsawan Yunani menyukai kulit cerah sehingga menggunakan susu.

Mereka juga percaya khasiat memutihkan yang dimiliki susu. Jadi mereka membiasakan diri untuk mandi dengan susu untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah.

Madu untuk Wajah Lembut dan Glowing

Khasiat kecantikan yang dimiliki madu sudah diketahui sejak zaman Yunani kuno. Orang-orang zaman dulu mengonsumsi madu dalam bentuk makanan, salep, obat, dan produk kecantikan.

Sementara itu, para wanitanya biasa menggunakan madu untuk merawat wajah. Madu yang sudah diencerkan dengan air dioleskan ke kulit wajah agar lembap, halus, dan bercahaya.

Eksfoliasi dengan Garam Laut dan Minyak Zaitun

“Orang-orang Yunani kuno menggunakan garam laut Mediterania yang dicampur dengan minyak zaitun sebagai untuk scrub dan eksfoliasi kulit yang kering dan terpapar sinar matahari,” tutur Ellen.

Loading...

Yogurt untuk Eksfoliasi dan Mengencangkan Pori-pori

Selain eksfoliasi dengan garam laut, para wanita di Yunani juga mengelupas kulit mati dengan yogurt. Apabila diminum, yogurt memang terasa enak dan menyegarkan. Tapi, bagi Anda yang ingin memiliki kulit cantik ala wanita Yunani, tidak ada salahnya mencoba dijadikan perawatan.

“Orang-orang Yunani kuno menggunakan makanan khas mereka, yogurt untuk meluruhkan kulit mati dan mengencangkan pori-pori,” tutur Ellen.

“Yogurt adalah bentuk alami asam laktat, jadi ini adalah AHA peel alami. Campur sesendok makan minyak zaitun dengan empat sendok makan Greek yogurt dan terapkan pada wajah selama 10 menit. Mungkin kulit Anda akan terasa sedikit pedih, ini adalah proses kerja AHA natural. Bersihkan dengan handuk basah hangat”.

Bersihkan dan Detoksifikasi Kulit dengan Teh

Orang-orang Yunani kuno juga memanfaatkan bunga kering dan berbagai jenis herba untuk memberikan khasiat lebih pada air mandi. Bahan alami yang dimaksud tersebut adalah teh.

Caranya itu dengan berendam di air mandi yang di dalamnya sudah diberi teh. Alangkah baiknya menggunakan teh hijau. “Bisa membantu detoksifikasi kulit, pikiran, dan otot,” jelas Ellen.

Baca Juga : Ladies, Yuk Intip 5 Rahasia Kecantikan Wanita Yunani yang Bisa Anda Tiru

“Saat di rumah, ambil teh celup tak terpakai di belakang lemari dan masukkan ke dalam air mandi yang masih hangat dan beruap. Berendamlah selama 20 menit. Teh akan memberi energi pada sel. Gunakan teh hijau, itu adalah antioksidan yang kuat” terangnya.

Ekstrak Delima untuk Kulit Awet Muda

Pendiri brand skincare Korres dari Yunani, Lena Korres, menyebut buah delima sebagai kunci kulit awet muda orang Yunani.

“Buah delima telah digunakan sepanjang sejarah sebagai simbol kepercayaan dan keinginan manusia yang paling mendasar, termasuk kehidupan dan kematian, kelahiran kembali dan kehidupan abadi, kesuburan dan perkawinan, kelimpahan dan kemakmuran,” jelas Korres.

“Ekstrak delima adalah sumber tanin, antosianin, vitamin A, C, dan E, serta mineral,” lanjut Korres.

“Buah ini mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak daripada anggur merah atau teh hijau, sehingga sangat efektif dalam memerangi radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini sel-sel kulit. Ia juga memiliki sifat mendinginkan kuat karena kandungan taninnya. Sebagai hasilnya, delima akan mengencangkan pori-pori dan memperkuat epidermis kulit, sehingga ideal untuk kulit berminyak dan kombinasi”.

Itulah rahasia-rahasia kecantikan wanita Yunani kuno yang masih bisa diterapkan di zaman sekarang. Bagaimana, tertarik untuk mencoba treatment yang mereka lakukan?.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PortalMadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE