8 Cara Rawat Alis Supaya Terlihat Cantik Maksimal

Avatar of PortalMadura.com
8 Cara Rawat Alis Supaya Terlihat Cantik Maksimal
ilustrasi (Dream.co.id/Shutterstock)

PortalMadura.Com – Melakukan sebenarnya tidak hanya fokus pada wajah saja. Bagian pun tidak boleh luput dari perhatian agar penampilan tetap maksimal.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, tentu tidak mungkin melakukan perawatan kecantikan di salon. Kendati demikian, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Lantas, bagaimana cara merawat alis sendiri di rumah?.

Berikut ini delapan cara merawatnya agar tidak salah dalam memperbaiki bentuk alis Anda sendiri di rumah dari para ahli, seperti dilansir Detik.com dari Style Caster:

Biarkan Alis Anda Tumbuh Terlebih Dahulu

Menurut ahli kecantikan di Cosmetify, sebelum Anda memutuskan untuk merapikan alis dengan mencabut atau menggunakan wax, alangkah lebih baik jika Anda membiarkannya tumbuh terlebih dahulu. Hal itu perlu dilakukan untuk mengetahui bentuk alami alis Anda. Anda mungkin akan melihat alis Anda berantakan dengan membiarkannya tumbuh, tetapi hal itu dapat membantu mengurangi kesalahan saat Anda memilih bentuk untuk merapikan alis Anda nantinya.

Temukan Bentuk dan Ukuran Alami Alis Anda

Setelah membiarkannya tumbuh, Anda bisa mengetahui bentuk dan ukuran yang paling pas untuk wajah Anda. Menurut ahli di Cosmetify, hal selanjutnya yang Anda butuhkan adalah pensil.

“Untuk menentukan panjangnya, pegang pensil hingga ke lubang hidung kiri atau kanan dan arahkan lurus ke atas ke dahi Anda. Ini menunjukkan dari mana alis kamu harus dimulai. Balikkan pensil secara diagonal, masih memegangnya sejajar dengan lubang hidungmu untuk mencari tahu di mana ujung alis mu harus berakhir, pastikan itu melewati sudut luar matamu,” jelas ahli Cosmetify.

Untuk menentukan bentuk lengkungan alis Anda sebenarnya tidaklah mudah. Anda perlu menggunakan pensil yang sama, pegang di setiap samping lubang hidung dengan sudut 45 derajat. Lengkungan alis Anda bisa dimulai di mana ujung pensil tersebut berakhir.

Jangan Terlalu Terobsesi untuk Memiliki Alis yang Simetris

Anda perlu tahu bahwa alis bukanlah saudara kembar. Jadi, Anda tidak bisa membuat keduanya menjadi sama persis. Hal yang dapat Anda lakukan hanyalah mencoba membuat keduanya terlihat sejajar. Terlalu terobsesi untuk memiliki alis yang simetris pada akhirnya justru dapat membuat Anda melakukan pencabutan yang berlebihan.

Menurut spesialis alis, Joey Healy, jika Anda menyadari bahwa Anda telah melakukan pencabutan yang berlebihan maka hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berhenti dan menjauhkan pinset dari hadapan Anda. Jangan mencoba memperbaiki alis Anda dengan membuat yang bagus disamakan dengan yang buruk. Jika Anda sudah terlanjur melakukannya maka tidak perlu panik. Anda bisa menggunakan produk makeup alis untuk mengisinya.

Mulai dengan Kanvas atau Dasar yang Bersih

Sebelum melakukan pencabutan atau merapikan alis, pastikan Anda sudah mencuci wajah dan tangan terlebih dahulu. Menurut ahli Cosmetify, Anda perlu memastikan bahwa Anda melakukannya dalam kondisi alis yang bersih, tidak ada bekas pensil alis, gel, atau bubuk. Selain itu, alis juga harus dalam kondisi kering dan cobalah untuk tidak menggunakan produk apapun yang berminyak sebelumnya.

Baca Juga: 9 Perawatan yang Wajib Anda Lakukan Usai Microblading Alis

Gunting dan Cabut Alis

Jika sudah melewati tahapan-tahapan di atas, maka langkah selanjutnya adalah yang paling ditunggu-tunggu, yaitu merapikan alis dengan mencabut dan mengguntingnya. Menurut ahli Cosmetify, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengambil penjepit dan mulailah mencabut rambut-rambut alis yang keluar dari jalurnya. Sangat penting untuk melakukannya dengan tidak berlebihan. Selalu sikat alis Anda ke atas, sehingga Anda akan lebih mudah merapikannya.

Jika Anda menginginkan tampilan alis yang selalu terlihat rapi, maka Anda bisa mencabutnya setiap 3 hari sekali, tetapi itu tergantung pada seberapa cepat alis Anda tumbuh kembali. Jika Anda memiliki rambut alis yang panjang, Joey Healy menyarankan, agar menggunakan gunting alis untuk merapikannya. Jangan memotongnya dengan garis lurus karena itu akan membuat alis Anda terlihat tumpul dan sangat lebar.

Buat Warna Alis Anda Terlihat Lebih Gelap

Jika Anda merasa memotong atau mencabut alis saja tidak cukup, maka Anda bisa mencoba mewarnai alis Anda dan membuatnya terlihat lebih gelap. Menurut ahli Cosmetify, aturan umum untuk mewarnai alis adalah dengan memilih warna setidaknya satu atau dua warna lebih gelap dari warna rambut alami Anda.

Sedangkan untuk yang memiliki warna rambut alis lebih gelap, seperti coklat tua atau hitam, maka Anda bisa memilih satu atau dua warna yang lebih terang untuk hasil akhir yang lebih alami. Anda bisa menggunakan produk alis seperti brow mascara atau brow lacquer untuk mendapatkan tampilan tersebut.

Gunakan Wax Hanya untuk Bagian Tengah

Jika Anda menginginkan rambut alis Anda tumbuh lebih lama, maka Anda bisa mencoba waxing. Namun hal ini tidak dapat dilakukan setiap hari, karena waxing dan pencukuran alis setiap hari dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, waxing bisa menjadi bencana bagi Anda jika menarik terlalu banyak rambut alis. Jadi, jika Anda memang benar-benar menginginkan proses ini, maka Anda bisa menempelkan bahan waxing di bagian tengah antara alis dengan mata. Pastikan Anda menggunakan produk waxing yang lembut dan aman, tidak menimbulkan peradangan pada kulit. Anda juga dapat menggunakan produk waxing tersebut untuk area bibir atas dan dagu.

Gunakan Produk Perawatan Alis

Jika Anda ingin membiarkannya tumbuh, Anda bisa menggunakan produk-produk untuk merawat dan menumbuhkan alis. Selain itu, hindari mencabutnya jika Anda benar-benar menginginkan alis Anda tumbuh. Anda bisa menggunakan produk-produk yang banyak di jual di toko-toko kosmetik atau menggunakan bahan-bahan alami untuk menumbuhkannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.