8 Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadan

Editor: Desy Wulandari
Cara-Mudah-Khatam-Alquran-di-Bulan-Ramadan
Ilustrasi (Koran.id)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan. Seluruh umat berlomba-lomba melakukan amal baik selama Ramadan. Salah satunya yaitu tadarus Alquran. Biasanya hal ini dilakukan berkelompok usai salat tarawih. Namun, ada juga yang melakukan tadarus Al-Quran secara sendiri.

Membaca Alquran di bulan Ramadan sangat dianjurkan karena pahalanya sangat besar. Selain itu, ada beberapa keutamaan tadarus Alquran. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini penjelasannya:

Tadarus Memberi Ketenangan Hati

Umat Islam yang bertadarus pada malam Ramadan akan diberi ketenangan hati oleh Allah SWT, sebagaimana hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

“Tiadalah berkumpul suatu kaum dalam baitullah [masjid] untuk membaca kitab Allah dan mempelajarinya, melainkan pasti turun kepada mereka ketenangan, diliputi rahmat, dikerumuni malaikat dan diingat Allah di depan makhluk yang sisi-Nya,” (H.R. Muslim).

Rahmat Melimpah dari Allah SWT

Orang yang membaca Al-Qur’an dijanjikan rahmat melimpah dari Allah SWT. Kehidupan mereka diberi kecukupan dan memperoleh berkah di dunia dan akhirat, sesuai dengan firman Allah berikut:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat serta menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka [baik secara] diam-diam [maupun] terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,” (QS. Fathir [35]: 29)

Dilindungi Malaikat

Ketika melakukan tadarus Al-Quran, orang yang membacanya akan memperoleh perlindungan malaikat, sesuai sabda Nabi Muhammad SAW: “Orang yang mahir dalam membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan selalu berbuat baik, sedangkan orang yang membaca Al-Quran dalam keadaan terbata-bata dan dia kesulitan [dalam membaca], maka baginya dua pahala,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:  7 Cara Berbakti pada Orang Tua yang Sudah Wafat

Dinaikkan Derajatnya di Sisi Allah SWT

Orang yang bertadarus Al-Quran pada Ramadan akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT, sesuai sabda Rasulullah SAW: “Allah mengangkat derajat beberapa kaum melalui kitab ini [Al-Quran] dan Dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini pula,” (H.R. Muslim).

Meningkatkan Keimanan

Kondisi iman seorang muslim akan selalu berubah ubah setiap waktunya. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga keimanan agar selalu berada dalam kondisi yang baik. Salah satu caranya, adalah dengan rajin membaca Al-Quran. Semakin rajin membaca Al-Quran, maka semakin dekat dengan Allah SWT. Semakin jiwa tersadarkan dengan keajaiban Al-Quran, dengan keindahan bahasa dan muatanya. Ketakjuban ini dapat menambah keimanan kepada Allah SWT.

Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Membaca Al-Quran dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan pada hari kiamat. Seperti hadis yang menyatakan bahwa: “Bacalah bait Al-Qur’an karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,” (HR. Muslim)

Mendapatkan Pahala yang Berlipat Ganda

Keutamaan lain yang akan anda dapatkan dari tadarus Al-Quran di bulan Ramadan adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Segala amal ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan ini akan diberikan pahala yang berlipat ganda lho oleh Allah SWT, tak terkecuali tadarus Al-Quran, yang merupakan ibadah yang paling dianjurkan untuk diamalkan, di bulan penuh ampunan ini.

Membaca satu huruf Al-Quran, akan dibalas dengan 10 kebajikan oleh Allah SWT, seperti yang telah diriwayatkan oleh Iman-At Tirmidzi dalam hadis Rasullah SAW. Oleh sebab itu, daripada melakukan kegiatan yang tidak ada artinya, seperti hanya bermalas-malasan saja, lebih baik memperbanyak pahala dengan rutin melakukan tadarus Al-Qur’an.

Baca Juga:  Pembinaan Khatib di Sumenep, Densus 88 Gandeng Pemkab dan Kemenag

Dikumpulkan di Surga Bersama Malaikat

Hal itu sebagaimana sabda Nabi SAW berikut: “Orang yang mahir membaca Al-Quran kelak (mendapat tempat di surga) bersama para malaikat yang mulia lagi taat. Sementara orang yang kesulitan dan berat jika membaca Al Quran, maka ia mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dikutip dari buku Tuntunan Ibadah Pada Bulan Ramadan yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah tertulis bahwa tadarus Al-Qur’an juga menjadi amalan yang dianjurkan selama berpuasa. Dari Ibnu Abbas r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata:

“Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadan, ketika ditemui oleh Malaikat Jibril pada setiap malam pada bulan Ramadan, dan mengajaknya membaca dan mempelajari Al-Quran. Ketika ditemui Jibril, Rasulullah adalah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan.’kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf’.” (HR. Tirmidzi).


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.