oleh

8 Langkah Yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Jual Ponsel Android Ke Orang lain

PortalMadura.Com – Ada kalanya Anda ingin menjual ponsel Android kesayangan Anda. Bisa dengan alasan ingin upgrade ke versi terbaru atau sedang memerlukan dana mendadak.

Namun sebelum Anda menjualnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Menjual ponsel Android kedengarannya memang mudah, tetapi ada hal penting yang harus dipastikan untuk menghindari masalah dikemudian hari, terutama terkait privasi.

Berikut delapan langkah sederhana yang harus Anda Lakukan sebelum menjual ponsel Android kesayangan Anda:

Keluarkan Kartu SIM
Kedengarannya sepele, tapi jangan sampai SIM card tertinggal di ponsel yang akan dijual. Apalagi, kartu SIM terkait dengan identitas resmi dari pemilik sehingga rentan disalahgunakan apabila jatuh ke tangan orang lain.

Beberapa perangkat menempatkan SIM card di lokasi yang mudah terjangkau seperti dalam kompartemen khusus di balik penutup belakang. Terutama perangkat jenis unibody, memiliki laci mungil yang harus dikeluarkan dengan alat khusus. Selain alat khusus ini, pengguna juga bisa memakai benda lain yang tipis dan panjang seperti paper clip atau jarum.

Cukup ditancapkan ke dalam lubang kecil yang tersedia, laci SIM card pun akan terdorong ke luar.

Backup Data Ponsel
Setelah beberapa lama dipakai, ponsel Android dan microSD card di dalamnya bakal dipenuhi berbagai file sepeti foto, video, dan dokumen lain. Aneka file yang dinilai penting sebaiknya diselamatkan terlebih dahulu lewat backup.

Data-data kecil seperti file daftar kontak bisa di-backup lewat sinkronisasi dengan layanan Google. Kunjungi settings > accounts > Google > (nama akun) dan pastikan opsi “Sync” untuk semua jenis layanan yang dikehendaki sudah dinyalakan.

Dengan begitu, ketika pengguna sudah berganti ponsel, data terkini dari aneka layanan yang sudah tersinkronisasi tersebut akan langsung ditransfer secara otomatis ke perangkat baru.

Selain itu, untuk data berukuran besar seperti file foto dan video lebih praktis disalin ke kartu memori microSD untuk kemudian disalin ke komputer. Bisa juga dengan langsung menancapkan perangkat ke komputer. Pilihan lain, file-file tadi bisa disimpan di cloud.

Ponsel Android akan terbaca layaknya flashdisk sehingga pengguna bisa mengakses dan menyalin aneka file di dalamnya. Pengguna Mac harus lebih dulu memasang aplikasi Android File Transfer yang bisa diunduh di alamat berikut: https://www.android.com/filetransfer/.

Keluarkan Kartu Memori
Usai mengeluarkan kartu SIM dan menyalin data untuk backup, jangan lupa untuk turut melepas kartu memori microSD agar isinya tidak ikut terhapus secara tidak sengaja atau terbawa ke tangan pembeli.

Kartu memori microSD biasanya diletakkan secara berdampingan dengan kartu SIM. Entah di balik penutup belakang, tray khusus, atau lokasi lain.


Tirto.ID
Loading...

Komentar