oleh

8 Manfaat Jus Belimbing Bagi Kecantikan

PortalMadura.Com – Belimbing merupakan salah satu buah yang kaya vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, natrium, kalsium, dan zat besi. Buah yang juga disebut carambola, atau star fruit ini mengandung senyawa polifenol, asam galat, quercetin, dan epikatekin. Buahnya yang terasa asam, manis, dan sepat di lidah ternyata juga memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Jika dikonsumsi secara teratur akan memberikan khasiat sehat yang besar bagi kesehatan dan kecantikan. Selain dimakan secara langsung, untuk mendapatkan manfaat dari buah yang berbentuk bintang ini adalah dengan cara dijadikan jus. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat darinya?.

Berikut delapan manfaat jus belimbing bagi kecantikan, seperti dilansir Merdeka.com dari StyleCraze:

Menyembuhkan Masalah Kulit

Eksim disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti fungsi abnormal dari sistem kekebalan tubuh, kulit kering dan bakteri pada kulit. Semua ini bisa dicegah dengan memakan belimbing.

Belimbing memiliki sifat antimikroba dan sifat antiinflamasi yang cukup baik. Jika Anda meminum jus belimbing secara teratur, Anda dapat terhindar dari penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim.

Menjadikan Kulit Sehat dan Bercahaya

Kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang ada fdi dalam segelas jus belimbing segar penting untuk menjaga kesehatan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, nutrisinya akan menjadikan kulit sehat dan bercahaya. Tapi gunakan belimbing matang untuk mendapatkan nutrisi maksimal.

Membantu Mencegah Jerawat

Buah belimbing mengandung seng. Sifat antimikroba dari kandungan ini bisa membantu mencegah dan mengatasi jerawat dari dalam. Minumlah jus belimbing segar secara teratur untuk mencegah munculnya jerawat. Namun, jangan dicampur gula. Pasalnya, konsumsi gula sederhana yang diekstrak dari tebu bisa memperburuk kondisi jerawat.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Belimbing memiliki banyak antioksidan seperti senyawa polifenol, asam galat, dan quercetin yang membantu mengatasi efek stres oksidatif dan menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Konsumsi jus belimbing secara teratur untuk memberikan perlindungan ekstra bagi kulit.

Baca Juga: Jus Belimbing, Minuman Segar Penurun Hipertensi

Mencegah Penuaan Dini

Konsumsi belimbing akan membalikkan proses penuaan kulit. Hal ini disebabkan oleh macam-macam antioksidan yang terkandung di dalamnya. Tidak ada salahnya mengonsumsi jus belimbing secara teratur demi kulit yang awet muda lebih lama.

Menjaga Kelembapan Kulit

Selain vitamin dan mineral, buah belimbing juga kaya cairan. Meminum segelas jus belimbing bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menjaga kelembapan kulit dari dalam. Tetapi tetap harus disertai penggunaan pelembap seperti lotion atau body butter.

Menjadikan Rambut Kuat

Anda bisa merawat kesehatan akar rambut dan kulit kepala dengan menyesap jus belimbing. Vitamin C dan vitamin B kompleks yang dikandung buah belimbing bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok. Nutrisi-nutrisi tersebut akan menjadikan rambut lebih kuat.

Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Ingin menurunkan berat badan?. Coba konsumsi buah belimbing. Buah ini hanya mengandung 31 kalori, jadi tidak akan membahayakan asupan kalori Anda.

Belimbing juga memiliki serat yang dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama. Buah ini akan membantu mempercepat metabolisme Anda, sehingga target penurunan berat badan lebih mudah dicapai.

Cara Membuat Jus Belimbing Kombinasi

Selanjutnya, Anda akan belajar cara membuat jus belimbing yang enak, rendah kalori, dan bernutrisi tinggi. Berikut ini:

Bahan-bahan (2 gelas):

1 buah belimbing besar
1 buah apel fuji
3 buah jeruk medan/pontianak
3-4 sendok makan madu murni

Cara Membuat Jus Belimbing Kombinasi:

Dinginkan buah-buahan di dalam lemari es terlebih dahulu. Lalu, kupas kulit buah belimbing dan buang bijinya. Setelah itu, iris-iris dan sisihkan terlebih dahulu.

Kemudian, cuci bersih buah apel, iris apel dan buang bijinya. Kupas sebagian saja, karena nutrisi apel paling banyak di kulitnya. Peras air jeruk medan atau pontianak, lalu sisihkan terlebih dahulu. Blender belimbing, apel, air perasan jeruk, dan madu hingga halus. Saring sarinya, kemudian tuang ke dalam gelas. Selesai. Selamat mencoba!

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar