oleh

8 Manfaat Pertengkaran dalam Rumah Tangga yang Perlu Anda Tahu

PortalMadura.Com – Pertengkaran dalam sebuah keluarga itu wajar. Namun, bukan berarti Anda harus bertengkar setiap saat. Lantas apa saja manfaat pertengkaran? Berikut ini beberapa manfaat pertengkaran dalam sebuah pernikahan.

Mempererat Hubungan
Setelah mengalami pertengkaran, tentunya ada beberapa dari anda merasa lebih dekat dengan pasangan. Hal ini disebabkan karena anda dan pasangan telah berhasil melalui masa sulit dan menemukan jalan keluar, sehingga perasaan akan lebih plong dan tidak ada beban lagi. Dalam hal ini, anda telah berhasil membuka diri anda untuk berdamai dengan pasangan, sehingga dampaknya hubungan pernikahan akan semakin kuat.

Lebih Mengenal Sifat Pasangan
Anda lebih mengenal sifat satu dan yang lainnya. Ketika itu, anda bisa mengenal sifat asli pasangan anda sendiri. Dari sana anda bisa belajar untuk lebih memahami pasangan anda, sehingga jika nanti pertengkaran kembali terjadi anda sudah bisa lebih siap menghadapinya dengan baik.

Belajar Mengendalikan Emosi dan Memaafkan
Kemampuan dirinya untuk mengendalikan dan mengontrol emosi. Hikmah dibalik terjadinya pertengkaran yaitu pasangan bisa melihat lebih bijak serta memaafkan kesalahan masing-masing pasangan.

Membuat Pernikahan Menjadi Tidak Membosankan
Membuat pernikahan menjadi tidak membosankan lagi, karena biasanya setelah bertengkar rasa sayang dan cinta akan kembali muncul, yang mana kedua rasa tersebut akan menekan rasa bosan yang ada sehingga pernikahan pun akan kembali harmonis dan bahagia.

Loading...

Ajang Pendewasaan Diri
Pasangan yang masih berpikir kekanak-kanakan akan lebih sulit mengatasi masalah dengan cara yang dewasa. Bahkan, karena tidak bisa mencari jalan keluar dengan baik, maka jalan pintas yang diambil yaitu pertengkaran. Namun, dengan masalah ini meraka akan belajar untuk mendewasakan dirinya masing-masing.

Membuat Perasaan Lebih Lega
Semua uneg-uneg atau perasaan yang mengganjal akan dikeluarkan sepenuhnya. Sehingga setelah bertengkar, secara otomatis anda akan lebih tenang dan lega. Sehingga dengan begitu, anda dan pasangan bisa saling mengetahui isi hati masing-masing.

Mengatasi Salah Paham
Kesalah pahaman terkadang berujung pada pertengkaran. Bahkan setelah anda menyadarinya, kesalahpahaman yang terjadi merupakan hal spele yang sebenarnya tidak harus dipertengkarkan, sehingga ke depannya anda bisa lebih bijak lagi.

Menyelesaikan Masalah
Ketika selesai bertengkar, maka otomatis anda dan pasangan akan dipancing untuk mengeluarkan pendapat masing-masing sehingga akar dari permasalahan yang menyebabkan pertengkaran pun bisa ditemukan dan ditelaah.

Itulah beberapa manfaat pertengkaran untuk hubungan pernikahan. Semoga dengan selesainya pertengkaran membuat hubungan kalian semakin baik. Semoga bermanfaat.(bisikan.com/Diyah)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar