8 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Sayang untuk Dilewatkan

Rewriter:Alfatihiyatul FatiRujukan Kompas.comEditor: Firman Ghazali A.
8 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Sayang untuk Dilewatkan
8 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Sayang untuk Dilewatkan

PortalMadura.com- Tanaman obat temulawak sudah banyak sekali di gunakan oleh manusia sejak zaman dahulu. Bahkan di percaya mempunyai khasiat yang lebih ampuh dari pada obat –obat dokter.

Namun, karena perkembangan jaman dan semakin meningkatnya pengetahuan manusia tentang farmakologi dan ilmu kedokteran, banyak masyarakat yang beralih ke obat-obatan dokter karena lebih mempercayai obat-obatan kimiayang telah teruji khasiatnya secara laboratorium, di bandingkan dengan obat tradisional temulawak.

Temulawak memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza, temulawak tersebar luas di Pulau Jawa. Juga di negara Malaysia dan Thailand. Dalam bahasa Sunda, temulawak dikenal sebagai koneng gede, sementara dalam bahasa Madura dikenal sebagai temu labak.

Temulawak juga dikenal dengan nama Java ginger atau jahe Jawa karena tanaman ini masih satu famili dengan tanaman jahe, yaitu Zingiberaceae.

Temulawak dapat tumbuh subur di dataran rendah, terutama pada tanah yang gembur sehingga rimpangnya mudah berkembang menjadi besar. Temulawak juga dapat tumbuh subur hingga ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Selain sebagai bahan masakan, temulawak memiliki berbagai manfaat dan kegunaan. Adapun manfaat temulawak untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

8 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

1. Mengobati Gangguan Pencernaan

Temulawak dapat mengatasi gangguan pencernaan. Menurut jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, dispepsia, dan gangguan pencernaan dapat diatasi dengan temulawak.

Penelitian menyebutkan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit kolitis ulserativa menjadi semakin membaik dengan mengkonsumsi suplemen temulawak secara rutin.

2. Mencegah Kanker

Temulawak dapat mengendalikan, mencegah, atau bahkan membunuh berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar, dan payudara. Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan Curcuma dalam temulawak dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat.

Kandungan antioksidan dalam temulawak dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan sehingga mampu menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang mengakibatkan kanker.

3. Pengobatan Alternatif untuk Disfungsi

Hati Kurkuminoid yang terkandung dalam temulawak memiliki khasiat mengobati gangguan kesehatan hati dan mencegah perlemakan sel hati.

Beberapa penelitian ilmiah dan uji klinis telah dilakukan oleh para ilmuwan baik dari Indonesia maupun dunia, dan hasilnya secara umum mendukung penggunaan temulawak sebagai obat tradisional yang dapat digunakan untuk penyakit liver dan pegal linu.

4. Memperbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak

Dalam dunia fisioterapi, temulawak tergolong adaptogen yaitu zat yang tidak berbahaya yang dapat mendorong peningkatan resistensi terhadap racun atau zat lain yang dapat mempengaruhi keadaan fisik, kimia dan biologis.

Oleh sebab itu, temulawak dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dengan mengembalikan jaringan yang rusak menjadi normal kembali.

5. Mencegah Tumor

Temulawak juga memiliki manfaat mencegah kerja enzim atau komponen lain yang menyebabkan pertumbuhan sel tumor. Oleh karena itu, mengonsumsi temulawak secara rutin bagi penderita tumor adalah pengobatan yang efektif dan aman.

6. Antibakteri dan Antijamur

Tanaman ini juga mengandung berbagai senyawa antibakteri dan antijamur.

Kandungan antibakteri dalam bahan herbal ini memiliki manfaat terutama cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella.

Kemampuan antimikroba ini dimungkinkan karena kandungan senyawa fenoliknya terutama xanthorrhizol dan kurkuminoid sebagai bahan utamanya.

Sementara senyawa antijamurnya cukup berpotensi menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

7. Obat Jerawat

Dalam dunia kecantikan, bahan herbal ini juga mempunyai potensi sebagai obat jerawat. karena temulawak memiliki astringent.

Astrigent mempunyai manfaat untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjar. Selain itu, kandungan antiseptik didalam astrigent juga bisa membantu untuk membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat.

8. Meredakan kram pada otot

Minyak dari hasil temu lawak juga bisa digunakan sebagai antispasmodik. Antispasmodik sendiri biasanya digunakan sebagai pelemas otot artinya, obat ini bisa merilekskan otot halus di usus dan mencegahnya dari kejang.

9. Obat antiradang

Temulawak mengandung senyawa antiradang yang mempunyai potensi untuk menghambat produksi prostaglandin E2 yang bisa memicu peradangan.

Kurkum yang juga memiliki sifat antiradang yang lebih kuat daripada turunan kurkumoid lainnya seperti bentuk demetoksi atau bisdesmetoksi.

Kandungan antiradang didalamnya yang juga mempunyai potensi membantu mengatasi penyakit akibat peradangan yang terjadi dalam tubuh seperti radang sendi.

Meski beberapa manfaat temulawak telah dibuktikan melalui penelitian, belum tentu hal ini akan bekerja secara efektif pada semua orang. Anda wajib berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter dan ikuti aturan minum jamu yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.