8 Sebab Lemahnya Iman yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
8 Sebab Lemahnya Iman yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Karunia dan kenikmatan yang paling berharga dalam setiap orang adalah kenikmatan iman. Tidak bisa dibayangkan bila seseorang tanpa adanya iman atau memiliki iman yang lemah, mungkin dunia ini akan kacau karena mereka terlena dengan tipu daya dunia yang hanya sementara.

Ada cukup banyak jumlah dan jenis sebab lemahnya iman, diantaranya ada yang terpadu dengan beberapa ciri. Nah, berikut adalah beberapa yang perlu Anda ketahui.

1. Menjauhi lingkungan yang sudah tercipta iklim keimanan hingga jangka waktu yang lama. Misalnya, kita meninggalkan lingkungan atau teman-teman yang berjuang di jalan Allah untuk waktu yang lama karena sebuah perjalanan atau sebuah tugas. Inilah yang akan membuat iman kita mengendor, karena jauh dari orang-orang yang selalu mengingat Allah. Tentu saja hal ini menyebabkan lemahnya iman.

Allah berfirman, “Belumkah datang waktu bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang telah sebelumnya diturunkan Al-Kitab kepdanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan, kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasih.”(Al-Hadid : 16)

2. Menjauhi pelajaran dan keteladanan yang baik. Seseorang yang berguru kepada orang yang shalih, maka dia bisa memadukan ilmu yang bermanfaat, amal yang shalih dan iman yang kuat. Dia bisa berkolusi dan menyerap ilmu, akhlak dan keutamaan-keutamaan gurunya. Bila dia menjauhinya hingga sekian lama, maka dia pun akan merasakan kekerasan di dalam hatinya.

3. Tidak mau mencari ilmu syariat dan tidak mau menggali buku-buku bermanfaat yang bisa menghidupkan hati. Berbagai buku dan kitab yang bisa membangkitkan iman di dalam hati pembacanya, menggerakkan benih-benih iman yang tersembunyi di dalm hatinya.

4. Keberadaan orang Muslim di tengah lingkungan yang diwarnai berbagai maksiat, yang ini merasa bangga dengan maksiat yang dilakukannnya, yang kedua mendengdangkan lagu-lagu, yang ketiga mengebulkan asap rokok, yang keempat membentangkan majalah porno, yang kelima lidahnya tidak pernah berhenti mencela, mencaci, dan mengejek, yang semuanya suka berkata begini dan begitu, menggunjing dan mengadu domba serta mengumbar cerita-cerita yang tidak senonoh.

5. Tenggelam dalam kesibukan duniawi, sehingga hati manusia menjadi hamba keduniaan tersebut. Dalam hal ini, Rasulullah SAW pernah berkata, “Cukuplah bagi salah seorang di antara kamu selagi dia di dunia hanya seperti bekal orang yang mengadakan perjalanan.” (HR. Ath-Thabrani)

6. Sibuk mengurusi harta benda, istri dan anaka-anak. Allah telah berfirman mengenai hal ini, “Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan.” (AL-Anfal:28)

7. Berangan-angan yang serba muluk-muluk. Allah berfirman, “Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan, bersenangdan dilalaikan oleh angan-angan kosong, maka kelak mereka akan mengetahui akibat (perbuatannya).” (QS. Al-Hijr : 3)

8. Berlebih-lebihan dalam masalah makan, tidur, berjaga pada waktu malam, berbicara dan bergaul.

Demikian sebab lemahnya iman seorang. Semoga dengan informasi di atas dapat membuat kita semakin mendekat dan memperkuat iman kepada Allah SWT semata. Amin. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.