oleh

8 Tips Alami Ini Bisa Hilangkan Masalah Bau Mulut Anda!

PortalMadura.Com – Bau mulut atau dalam bahasa medis disebut halitosis, memang musuh utama dalam pergaulan. Siapa saja bisa menjauhi Anda jika mulutmu punya aroma yang tidak menyamankan. Anda pun tidak bisa banyak bicara atau membuka mulut lebar-lebar

Berurusan dengan bau mulut tentu bukan hal yang menyenangkan. Penyebab bau mulut bisa karena beberapa hal, namun satu hal yang paling umum adalah masalah kesehatan. Sebenarnya, sangat mudah untuk menghilangkan bau mulut, sekaligus menjaga agar gigi dan gusi anda tetap sehat pada saat yang bersamaan.

Namun jangan khawatir, masalah bau mulut dapat diatasi dengan beberapa cara alami di bawah ini.

Minum lebih banyak air putih
Faktor penting untuk menjaga bau mulut tetap segar adalah menghindari mulut yang kering. Saat mulut kering, bakteri bisa muncul dan menyebabkan bau mulut. Menjaga pola makan yang sehat dan tubuh tetap terhidrasi adalah cara yang baik untuk menghindari bau mulut.

Mengunyah tanaman herbal
Beberapa tanaman herbal memiliki sifat antibakteri yang bisa membuat mulutmu tetap segar. Contohnya adalah cilantro dan peterseli, dua tanaman herbal yang memang terkenal sebagai solusi untuk mengatasi bau mulut.

iklan hari santri

Asam sitrat
Asam sitrat dalam buah lemon dapat memastikan mulutmu dalam kondisi yang baik. Potong selembar buah lemon, jeruk, jeruk limau, atau buah apapun yang mengandung vitamin C, karena vitamin C dapat menghilangkan bakteri dan menghentikan bau mulut.

Mengonsumsi teh hijau
Teh hijau dapat mencegah bau mulut. Penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa teh hijau memiliki efek antimikroba yang dapat membantu menghilangkan halitosis.

Mengonsumsi yogurt
Yogurt adalah makanan sehat yang mengandung probiotik dan vitamin, membantu menghilangkan bau mulut. Menurut penelitian, sebanyak 80% partisipan yang mengonsumsi yogurt selama enam minggu memiliki perubahan bau mulut yang lebih baik, serta menurunkan kadar plak.

Ganti sikat gigi setiap beberapa bulan sekali
Dalam 2 sampai 3 bulan, bakteri dapat berkembang biak pada sikat gigimu. Inilah mengapa para ahli menyarankan untuk secara rutin mengganti sikat gigi yang digunakan.

Mengonsumsi seng yang cukup
Seng dapat mengatasi masalah bau mulut. Menurut penelitian, seng memiliki efek positif terhadap halitosis, sehingga wajib dicoba untuk menghilangkan bau mulut.

Obat kumur buatan sendiri
Hal terakhir yang bisa Anda coba adalah membuat obat kumur sendiri di rumah. Baking soda terkenal dapat mengatasi masalah bau mulut dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa baking soda memang dapat membantu menghilangkan bakteri mulut.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber: fimela.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.