Ini Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha Menurut Ulama

  • Bagikan
Ini Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha Menurut Ulama
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berusaha atau berdagang merupakan pekerjaan yang paling sering kita jumpai dan juga termasuk dalam pekerjaan yang di sunahkan oleh Nabi SAW.

Kita tahu dalam berdagang atau membuka usaha tentu ada untung dan ruginya. Kadang laris kemudian besoknya sedikit pembeli atau bahkan tidak ada sama sekali. Itu sudah biasa dan menjadi hukum alam bahwa hal tersebut memang resiko yang harus di hadapi oleh orang yang berdagang.

Semua pedangang ingin jualannya selalu laris dan ramai pengunjung. Namun kerap kali orang yang iri ketika melihat pedagang lain laris akan menyebutnya memakai hal-hal mistis agar melariskan warungnya. Wallahu a’lam

Padahal dalam Islam sendiri jika orang yang sudah berusaha dengan sekeras mungkin, menyertakan doa pada-Nya, sedekah, dan tawakal kepada-Nya, maka niscaya orang tersebut akan mendapatkan kenikmatan rezeki dari Allah SWT. Jadi kita sebagai umat muslim tidak boleh iri hati atau memfitnah pedagang yang laris dagangannya meggunakan hal mistis, bisa jadi ia telah melakukan ibadah yang luar biasa sehingga Allah balaskan dengan rezeki yang melimpah.

Menurut ulama ada waktu-waktu tertentu yang baik untuk memulai usaha. Berikut pembahasannya.

Mengenai waktu-waktu yang baik maupun buruk, ini kutipan dari pendapat ulama yang mungkin berdasarkan pengalaman dan tirakatnya sebagaimana terdapat dalam kitab Syamsul Ma’rif al-Kubra karya Syekh Ahmad Al-Buni berikut:

Pertama, waktu terbaik dalam memulai perniagaan antara lain bisa dimulai pada hari Selasa. Selain itu, dianjurkan juga memulainya antara pukul 08.00-09.00.

Kedua, memulai usaha pada hari Jumat antara pukul 13.00-14.00. Dalam catatan sejarah bangsa Arab, hari Jumat merupakan raja di antara hari-hari lain, sayyidul ayyam.

Ketiga, Anda bisa memulai pada hari Sabtu antara pukul 14.00-15.00. Hari dan waktu tersebut juga merupakan salah satu hari yang disarankan untuk memulai usaha. Menurut pengarang kitab di atas, Insya Allah jika memulai pada waktu tersebut tidak akan terkena rugi ataupun bangkrut.

Sebetulnya setiap hari dan waktu sama saja, hanya saja Allah Swt. memberikan kelebihan dan keistimewaan masing-masing. Dalam sebuah keterangan disebutkan:

“Ketahuilah, sesungguhnya barang siapa yang mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk mengerjakan sesuatu yang baik maupun buruk maka akan mendapatkan yang diinginkan” (Syamsul Ma’arif : 17). Wallahu a’lam.

Itulah waktu yang baik untuk memulai usaha menurut para ulama. Semoga bermanfaat, dan teruslah berusaha jangan pantang menyerah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.