oleh

9 Cara Ajarkan Bayi Terapkan Jadwal Tidur yang Rutin

PortalMadura.Com – Lahirnya seorang bayi dalam kehidupan rumah tangga memang paling dinanti-nanti oleh setiap pasangan suami istri. Namun, tidak sedikit dari orang tua baru yang merasa kewalahan dengan jadwal tidur bayi yang masih berantakan.

Tidak dapat dipungkiri, pada kondisi tersebut orang tua baru memang akan mengalami kurang tidur akibat siklus tidur bayi belum selaras dengan orang tua. Ketika orang tua mengantuk, si kecil justru sedang aktif mengajak bermain, sebaliknya saat bayi sudah tertidur lelap, justru orang tua lah yang harus sudah mulai beraktivitas. Jika tidak cepat disiasati, orang tua bisa mudah jatuh sakit karena kelelahan dan kurang tidur, dilansir PortalMadura.Com, Kamis (12/12/2019) dari laman Liputan6.com.

Untuk menyiasatinya, orang tua bisa mulai mengajarkan bayi untuk menerapkan jadwal tidur yang rutin dengan sembilan cara berikut ini, menurut Mommy Resti Tri Purnawiranti dari Babyologist:

1. Kenali dulu waktu tidur bayi tiap-tiap bulannya. Semakin bertambah usia, semakin sedikit waktu tidurnya.

2. Bayi sudah mulai bisa diajarkan pola tidur sejak usia 3 bulan. Caranya dengan memberikan si kecil jam-jam tidur di beberapa waktu tertentu. Coba biasakan tidur setelah mandi pagi, sekitar jam 9-10 am, lalu tidur lagi setelah makan siang sekitar jam 1-3 pm, lalu sebelum Magrib jam 5-5.30 pm, dan yang paling penting saat tidur malam mulai jam 8 pm atau 9 pm hingga jam 5 am atau 6 am.

3. Biasakan bayi untuk tidur pada jam-jam tersebut, caranya bisa dengan menggendongnya dahulu, mengayun, menyanyikan lagu tidur, atau menceritakan sebuah dongeng.

Loading...

4. Penting untuk membuat suasana kamar senyaman mungkin agar bayi lebih mudah terlelap.

5. Coba isyaratkan waktu tidur dengan sebuah tanda, misalnya dengan menutup pintu kamar dan mematikan lampu kamar, bisa menggantinya dengan menyalakan lampu tidur yang lebih redup.

6. Usahakan mengajak bayi bermain saat jam-jam lain, agar si kecil tidak kehilangan waktu bermainnya.

7. Berikan ASI atau sufor saat bayi mulai mengantuk, karena ASI mengeluarkan senyawa yang membuat si kecil lebih rileks dan tertidur lebih pulas.

8. Ketika malam saat bayi terbangun, jangan mengajaknya bercanda. Usap-usap atau tepuk-tepuk bagian belakang tubuhnya perlahan agar si kecil merasa nyaman, serta berikan ASI atau sufor agar bayi kembali terlelap.

9. Penting untuk mencontohkannya, misalnya orang tua bisa berbaring di samping bayi sambil menunggunya tertidur pulas.

Baca Juga: Ini 5 Trik Cerdas Bikin Anak Jadi Mudah Tidur saat Libur Panjang

Ketika bayi tidur siang, sebaiknya orang tua juga ikut tidur bersama. Selain waktu tidur si kecil jadi lebih lama, hal ini penting baginya untuk recharge tenaga agar sore ia bisa bersemangat kembali, juga agar orang tua bisa beristirahat setelah membagi waktu antara urusan rumah tangga dan si kecil.

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Komentar