oleh

9 Cara Alami Hilangkan Komedo

PortalMadura.Com – Komedo merupakan bintik hitam atau bintik putih yang biasanya keluar di daerah hidung dan sekitarnya. Bagi perempuan komedo sangat mengganggu, karena akan membuat bedak tidak merata di wajah. Penyebab terjadinya komedo bisa karena beberapa hal, seperti perubahan hormon, penggunaan kosmetik berlebih, stres, menstruasi hingga gangguan kondisi kesehatan lainnya.

Komedo yang berlebih di wajah, akan membuat Anda merasa tidak percaya diri. Sehingga, Anda akan mencari cara untuk menghilangkan komedo. Pilihlah produk yang tepat untuk menghilangkan komedo, produk yang sudah diakui oleh BPOM dan dijamin aman.

Namun, jika Anda ragu dengan produk yang beredar bebas di pasaran sebaiknya membuat sendiri dari bahan alami. Bahan alami untuk komedo yang Anda buat sendiri, akan jauh lebih aman untuk dipakai setiap hari.

Berikut cara membuat masker komedo alami dilansir dari Wolipop.detik.com, Jumat (8/5/2020)

Putih Telur dan Madu

Bahan alami yang pertama yaitu putih telur dan madu, usahakan menggunaka putih telur ayam kampung dan madu asli. Cara membuat masker alami dari putih telur dan madu, oleskan campuran madu dan telur pada area yang berkomedo. Diamkan selama 20-30 menit setelah itu kering, cuci wajah Anda dengan air hangat.
Putih telur bermanfaat untuk menutrisi kulit dan membuat wajah lebih kencang, campuran keduanya bisa mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo.

Oatmeal

Produk yang satu ini selain bagus untuk dimakan ternyata juga memiliki manfaat pada kulit wajah. Oatmeal bisa dijadikan sebagai scrub pada wajah untuk mengangkat sel sel kulit mati, selain itu juga dapat melembabkan kulit yang kering.

Cara membuat scrub oatmeal:
Pertama campurkan oatmeal dengan yogurt dengan perbandingan 1:1, setelah tercampur rata oleskan ke daerah hidung diamkan selama 10-15 menit, setelah kering bilas dengan air hangat. Ini bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu.

Kopi dan Gula

Cara membuat masker kopi dan gula, pertama siapkan dulu sendok bubuk kopi dan tambahkan sedikit demi sedikit air hingga berbentuk pasta. Mengenai penggunaannya dengan cara, oleskan pasta kopi ke area yang berkomedo.

Gosok secara perlahan selama kurang lebih dua menit agar komedo terangkat. Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal gunakan perawatan ini dua kali seminggu.

Lemon dan Madu

Lemon mangandung asam sitrat yang terbukti dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga dapat mencegah masuknya kotoran pada wajah. Lemon kaya akan vitamin C yang juga dapat melembapkan kulit.

Cara menghilangkan komedo hitam dan juga putih bisa menggunakan dua bahan ini. Campurkan 1 sdm perasan lemon dan madu sampai menjadi pasta. Oleskan masker tersebut ke area kulit yang berkomedo. Diamkan 15-20 menit dan bilas sampai bersih.

Stroberi dan Madu

Stroberi mengandung antioksidan yang baik untuk merawat wajah. Membuat masker ini cukup dengan hancurkan tiga buah stroberi kemudian tambahkan 1/2 sdt madu dan 1/2 sdt lemon. Aduk hingga berbentuk pasta dan oleskan pada area wajah yang berkomedo diamkan selama 15-20 menit bilas dengan air bersih.

Tea Tree Oil dan Minyak Kelapa

Kandungan anti-komedogenik pada tea tree oil bisa membantu menghilangkan komedo. Campurkan 2-3 tetes tea tree oil dan minyak kelapa. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran ini pada area kulit yang berkomedo dengan. Agar hasilnya optimal lakukan beberapa kali selama seminggu.

Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya dapat mengecilkan pori-pori, mengencangkan wajah dan membantu menghilangkan komedo. Oleskan 1/2 sdt gel lidah buaya pada area kulit yang berkomedo. Biarkan semalaman setelah Anda bangun tidur bersihkan dengan air hangat.

Baking Soda

Baking soda memiliki manfaat sebagai exfoliant (agen pengelupas). Sehingga baking soda mampu menyingkirkan kulit mati penyumbat pori-pori wajah. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering sebaiknya jangan gunakan baking soda terlalu sering, karena baking soda akan membuat kulit Anda semakin kering.

Pasta Gigi

Pasta gigi bukan hanya digunakan untuk membersihkan gigi, tapi juga berfungsi untuk mengangkat komedo pada wajah Anda. Bagi Anda yang memilki jenis kulit sensitiv jangan gunakan pasta gigi karena akan membuat kulit melepuh dan kemerahan.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal bisa menggunkan pasta gigi sebagai masker pengangkat komedo, cukup dengan oleskan pasta ke wajah yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air bersih. (*)

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Wolipop.detik.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar