9 Manfaat Garam untuk Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
9 Manfaat Garam untuk Kecantikan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Perlu anda ketahui ternyata terdapat manfaat garam untuk kecantikan yang tidak banyak diketahui.

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang memberi rasa asin pada makanan. Selain itu, ternyata menjadi bahan alami untuk menyeimbangkan, melindungi, dan memulihkan tubuh serta kulit. Sehingga Anda bisa menggunakan garam laut untuk perawatan kulit.

Perlu diketahui, garam laut mempunyai banyak manfaat terutama bagi kecantikan kulit. Penasaran, apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com,  dari laman okezone.com yang dikutip dari Today.

Manfaat Garam untuk Kecantikan

Berikut manfaat garam bagi kecantikan yang perlu anda ketahui:

Menenangkan Kulit

Sama seperti madu, garam juga memiliki agen kandungan anti inflamasi di dalamnya. Berfungsi untuk menenangkan kulit, jerawat dan iritasi pada kulit. Selain itu, juga membantu untuk menyeimbangkan produksi minyak dan menahan hidrasi di lapisan kulit yang paling membutuhkan.

Toner

Garam ternyata dapat membantu membersihkan pori-pori kulit hingga dalam dan menyeluruh. Dan dengam kemampuan ini, garam bisa anda gunakan sebagai toner wajah.

Penggunaan toner garam secara tepat dapat menyeimbangkan produksi minyak dalam kulit, dan secara bersamaan berfungsi menghalau bakteri yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Bagi anda yang memiliki masalah kulit wajah berminyak dan berjerawat, penggunaan toner garam bisa menjadi alternatif perawatan alami tanpa menggunakan toner kimia yang memiliki efek samping buruk untuk wajah anda.

Body Scrub

Tahukah anda jika garam bisa digunakan sebagai scrub alami untuk mengeksfoliasi kulit, mengangkat sel-sel kulit mati.Jadi saat anda tidak memiliki scrub dirumah, anda bisa menggunakan garam.

Keunggulan garam sebagai scrub alami karena garam kaya dengan kandungan mineral dan dapat menghaluskan kulit sekaligus menyimpan hidrasi di dalam kulit.

Meremajakan Kulit

Garam dapat dimanfaatkan secara baik sebagai eksfoliasi alami, manfaat garam tidak hanya untuk menghaluskan kulit anda namun juga meremajakan kulit.

Dan jika anda olah dengan bahan alami lain yang berkhasiat, seperti lidah buaya dan lavender, maka fungsi garam sebagai bahan alami untuk kulit akan semakin bertambah.

Manfaat tersebut seperti  dapat membuat kulit lembap, menyembuhkan, serta membantu pergantian sel kulit sekaligus berperan sebagai anti septik alami yang meningkatkan sirkulasi dalam kecantikan kulit anda.

 

Baca Juga: 5 Manfaat Garam Hitam Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Menyerap Racun

Garam telah lama diketahui memiliki manfaat dalam menyerap kotoran dan racun serta membersihkan pori-pori kulit Anda dari dalam.

Kandungan beragam mineral yang terdapat dalam garam dapat membantu memulihkan pelindung yang ada di kulit dan sekaligus membantu kulit terhidrasi dengan baik.

Sementara itu kandungan Magnesium yang terdapat dalam garam laut juga dapat membantu mengurangi retensi air dalam tubuh, seperti terjadinya masalah seperti kembung.

Jadi partikel atau zat yang menempel dalam kulit yang akhirnya menjadi racun bagi kulit dapat diminimalisir dengan penggunaan garam.

Menghilangkan Ketombe

Bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan serpihan ketombe yang menganggu di rambut dan kulit kepala, tapi garam disebutkan juga bisa merangsang sirkulasi agar kulit kepala menjadi sehat. Garam itu menyerap minyak dan kelembaban berlebih, agar bisa mencegah pertumbuhan jamur dan menghambat ketombe.

Pemutih Gigi

Dikombinasikan bersama baking soda, garam dan baking soda adalah abrasif lembut yang membantu untuk menghilangkan noda sekaligus memutihkan warna gigi. Mengingat garam mengandung sumber fluoride alami.

Pembersih Mulut Alami

Mouthwash di rumah sedang habis dan tidak sempat beli? Kumur-kumur saja dengan air garam, karena garam bisa bekerja sebagai disinfektan yang bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut dan radang gusi.

Memperkuat Kuku

Nah, untuk kuku garam juga bermanfaat loh! Garam bisa dipakai untuk melembutkan kutikula dan memperkuat kuku. Ketika dicampur bersama baking soda dan lemon, maka bisa juga untuk mengurangi warna kekuningan dan noda agar kuku terlihat sehat dan lebih cerah.

Beragam manfaat garam untuk kecantikan diatas dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun perlu anda ketahui jika setiap orang memiliki perbedaan respon tubuh dengan kandungan garam.

Terlebih pada orang yang memiliki respon tubuh negatif terhadap kelebihan jumlah garam dalam tubuh.

Untuk itu kami sarankan berkonsultasi dengan dokter pribadi anda sebelum menerapkan tips dalam artikel manfaat garam untuk kecantikan yang kami bagikan ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.