oleh

Inilah 7 Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Cepat dan Alami

PortalMadura.Com – Memiliki kulit wajah putih memang menjadi idaman setiap orang, terutama bagi kaum wanita. Terlebih lagi, memiliki wajah yang putih dan bersih dapat di persepsikan bahwa orang tersebut memiliki kulit yang sehat.

Namun, perawatan berbahan kimia yang belum diketahui komposisi di dalamnya dapat menimbulkan permasalahan terhadap kulit wajah. Lalu, bagaimana cara mendapatkan kulit wajah putih secara alami?.

Cara Memutihkan Kulit Wajah

cara alami memutihkan wajah

Berikut 7 cara memutihkan kulit wajah dengan cepat dan alami:

Gunakan Teh, Madu, dan Tepung beras

Bahan-bahan ini memiliki khasiatnya masing-masing, diantaranya tepung beras yang akan dijadikan sebagai scrub yang membuat kulit menjadi lembut, madu yang bagus untuk moisturizing dan juga teh sebagai bahan yang berfungsi untuk merelaksasikan wajah.

Caranya, Siapkan satu cangkir teh yang tidak terlalu kental, lalu biarkan mendingin dengan sendirinya. Kemudian, siapkan tepung beras sekitar 2 sendok makan dan juga 1/2 sendok makan madu.

Setelah itu, semua bahan diaduk hingga tercampur dan tidak menyisakan gumpalan tepung. Kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 20 menit. Sembari menunggu sekitar 20 menit dengan masker yang menempel, pijat wajah dengan gerakan memutar dan lembut. Apabila sampai 20 menit, bersihkan kulit wajah dengan air.

Bahan Alami Memutihkan Wajah dengan Pepaya

Agar kulit wajah Anda terlihat cerah putih dan bersih, ternyata bisa juga dengan menggunakan buah pepaya. Cara penggunaanya pun sangat mudah, yaitu dengan rutin mengonsumsi buah pepaya setiap harinya. Porsinya tidak harus banyak, bisa mengonsumsi setengah dari pepaya yang berukuran sedang.

Dianjurkan, buah pepaya ini dikonsumsi setiap hari pada pagi hari. Dengan mengonsumsi pepaya setiap hari maka detoksifikasi tubuh akan terbantu. Selain itu juga melancarkan pencernaan. Sehingga, dengan mengonsumsi pepaya maka darah akan menjadi bersih dan kulit wajah akan nampak lebih sehat.

bahan alami untuk memutihkan wajah

Memanfaatkan Kunyit dan Tomat

Kunyit merupakan bahan alami yang sudah sejak lama dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan baik tubuh dan juga kulit. Sedangkan tomat memiliki kandungan air yang cukup banyak dipilih dan dijadikan sebagai bahan untuk merawat kulit wajah. Hal ini, karena dianggap aman dan tentu saja alami yang bisa digunakan sehari-hari.

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit Kaki

Caranya, siapkan kunyit yang berukuran sekitar 1 cm, kemudian dicuci dengan air, lalu parut hingga kunyit menjadi halus. Setelah kunyit diparut, hasil parutan tersebut biarkan agak mengering selama 5 menit.

Kemudian, gunakan 1 tomat yang memiliki ukuran yang cukup besar lalu blender tanpa ditambahkan dengan air. Setelah tomat diblender, campurkan kedua bahan tadi dan aduk hingga rata.

Gunakan campuran bahan ini untuk masker wajah dengan mengoleskannya secara merata. Olesannya juga bisa sedikit tebal agar banyak yang meresap ke dalam kulit. Biarkan olesan ini 15-20 menit. Setelah itu, bersihkan sampai bersih dengan menggunakan air hangat.

Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Kulit Lemon dan Kulit Jeruk

Kulit jeruk dan kulit lemon berguna untuk membuat wajah menjadi cerah. Caranya adalah dengan memarut kulit jeruk dan juga kulit lemon sampai halus. Kemudian dijemur selama 2 jam dengan memanfaatkan sinar matahari. Lalu, keringkan dengan menggunakan sinar matahari.

Setelah itu, campur bubuk kulit jeruk tersebut atau lemon kering dengan susu murni yang cair, lalu usapkan pada wajah hingga merata. Tunggu sekitar 20 menit, setelah itu baru bisa langsung dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Keringkan dengan handuk yang lembut dan usap wajah dengan menggunakan toner.

cara membersihkan wajah secara alami

 Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Bengkuang

Masker bengkuang ini telah dipercaya secara turun-temurun dapat mencerahkan kulit. Cara membuatnya, siapkan bengkuang yang sudah dikupas kulitnya dan telah dicuci dengan bersih. Selanjutnya, bengkuang diparut lalu diperas airnya.

Kemudian, tempatkan dalam wadah seperti gelas atau wadah lainnya yang bening. Diamkan bengkuang tersebut sekitar 30 menit, sehingga akan nampak adanya endapan pada dasar wadah. Pada bagian air yang bening di atas dibuang dan sisakan endapan bawah yang berwarna putih.

Setelah itu bersihkan wajah, oleskan endapan putih tadi pada wajah dan leher sampai merata bisa juga dengan menggunakan kuas masker, lalu diamkan hingga mengering. Jika masker yang dioleskan pada wajah tadi sudah mengering, selanjutnya wajah dibersihkan dengan air dingin dan kemudian keringkan wajah dengan menggunakan handuk.

 Cara Memutihkan Kulit Wajah pakai Susu

Susu merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk melawan flek hitam serta mencerahkan kulit. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni hanya dengan berendam atau bisa juga dengan membasuh bagian wajah dengan susu. Hal ini dipercaya bisa mengurangi adanya bintik hitam dan meningkatkan kecerahan warna kulit.

Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Jeruk Nipis dan Putih Telur

Putih telur seringkali disebut memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Agar kulit wajah menjadi lebih baik, campurkan jeruk nipis dengan putih telur.

Campuran bahan alami ini bisa digunakan sebagai masker untuk wajah dan biarkan hingga mengering dengan sendirinya. Setelah 5-10 menit, basuh bagian kulit wajah dengan menggunakan air dingin. Hasilnya akan nampak bila treatment ini dilakukan secara teratur.

Cara memutihkan wajah dengan lobak putih

Lobak putih tidak hanya digunakan sebagai bahan dapur saja namun juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan wajah secara alami. Kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat. Bagaimana pengaplikasian cara alami memutihkan wajah dengan sayuran ini:

  • Haluskan 1 buah lobak putih
  • Campurkan 2 sdm minyak zaitun
  • Gunakan sebagai masker wajah
  • Oleskan pada wajah
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas wajah dengan air bersih

Cara memutihkan wajah dengan teh hijau

Anti-oksidan yang terkandung pada teh hijau dapat menangkal radikal bebas. Sehingga kulit dapat beregenerasi dengan cepat serta juga dapat mengangkat sel kulit mati.
Cara memutihkan wajah dengan bahan alami adalah dengan memakai daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah.

Jika menggunakan daun teh:

  • Rendam dalam air panas selama 15 menit
  • Tunggu sampai agak dingin
  • Oleskan air pada wajah

Jika menggunakan bubuk:

  • Campurkan 1 sdm bubuk teh hijau dengan air hingga berbentuk pasta
  • Gunakan sebagai masker dengan mengoleskan pada wajah

Cara memutihkan wajah dengan kopi dan gula

Cara memutihkan wajah menggunakan bahan ini, yaitu kopi dan gula, digunakan sebagai scrub wajah. Tujuannya agar kulit-kulit mati di wajah dapat terangkat sempurna sehingga tidak menyebabkan wajah menjadi kusam.

Caranya:

  • Campurkan 1 sdt bubuk kopi dan 1 sdt gula
  • Beri sedikit air hingga berbentuk pasta
  • Gosok-gosokkan pada wajah agar sel kulit mati terangkat

Cara memutihkan wajah dengan air rendaman beras

Ketika hendak menanak beras, jangan membuang airnya. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi dan memutihkan kulit. Cara alami memutihkan wajah dengan bahan alami ini sangat mudah, yaitu:

  • Biarkan air beras agar mengendap
  • Gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas dengan air bersih

Cara memutihkan Kulit wajah dengan cuka apel

Cuka apel memang asam, namun justru asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah, selain itu juga berfungsi untuk mengurangi minyak yang berlebihan dan mengurangi peradangan pada kulit.

Cara memutihkan wajah dengan bahan ini:

  • Campurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air
  • Celupkan kapas pada cairan tersebut
  • Oleskan pada wajah

Demikianlah cara memutihkan wajah dengan bahan alami yang murah, mudah dan cepat. Perlu diingat, tips di atas bisa memberikan hasil signifikan jika diterapkan secara teratur.

Rewriter: Muhammad Zakariya
-
Tirto.ID
Loading...

Komentar