oleh

Abdul Karim Bantah Cakades Rasidi Lumpuh Total

PortalMadura.Com, Pamekasan – Persoalan lolosnya Rasidi (33), warga Desa Poteran, Kecamatan/Pulau Raas, Sumenep, Madura, Jawa Timur, sebagai kandidat calon kepala desa (Cakades) pada pemilihan kepala desa (Pilkades) 2014 di Desa Poteran, yang terus diperuncing oleh warga setempat, ditanggapi serius oleh Abdul Karim, selaku kakak dari Rasidi.

Tudingan yang menyatakan Rasidi lumpuh total, sama sekali tidak benar. Rasidi hanya mengalami kelainan pada kaki kirinya sehingga bila mau berjalan harus menggunakan tongkat penyanggah.

“Tidak benar jika adik saya dikatakan lumpuh total, kalau mengalami masalah pada bagian kaki sebelah kirinya memang iya, tapi itu tidak akan berpengaruh pada tugas pokoknya sebagai Kepala desa jika ia terpilih,” kata Abdul Karim, yang mengaku bertugas di Pamekasan,” Minggu (9/11/2014).

Pihaknya mengaku sangat risih dengan tudingan masyarakat itu, apalagi Rasidi mencalonkan diri sebagai cakades, sudah mendapat keterangan sehat dari Rumah Sakit Daerah (RSD) Dr. Moh. Anwar Sumenep. Selain itu, adminitrasi persyaratan sebagai cakades sudah diterima dan dinyatakan lengkap oleh panitia pilkades.

“Semua persyaratan adminitrasinya sudah lengkap dan diterima oleh panitia, tapi kenapa masih dipersoalkan oleh masyarakat, padahal kekerungan pada kakinya tidak akan mengganggu pada tugasnya sebagai kepala desa bila ia terpilih,” pungkasnya.

Sebelumnya, dr. Susiyanto, selaku petugas rumah sakit yang memberikan rekomendasi surat keterangan sehat pada setiap calon kepala desa, membantah dirinya kongkalikong dengan cakades. Surat keterangan sehat yang diberikan pada setiap cakdes yang membutuhkan sudah sesuai prosedur, yakni pemohon harus datang sendiri dan membawa Kartu tanda Penduduk (KTP).

Selanjutnya, petugas rumah sakit akan mengecek tensi darah yang bersangkutan, kemudian menimbang berat badan serta mengukur tinggi badan. Dan selama dirinya melakukan pengecekan kesehatan cakades, dirinya mengaku tidak pernah menemui cakades yang badannya lumpuh, atau menderita gangguan fisik lainnya.

“Tidak benar kalau kami memberikan surat keterangan pada cakades yang fisiknya bermasalah, kalaupun ada yang seperti itu ada kemungkinan ada unsur permaianan diluar,” kata dr. Susiyanto, saat ditemui wartawan.

Sementara cakades yang akan maju pada Pilkades Desa Poteran 2014, ada tiga kandidat yakni, Adha Triardy, Sarmade dan Rasidi. Tiga kandidat cakades tersebut sudah melengkapi adminitrasinya dan menyetorkannya pada panitia, namun warga mempermasalahkan salah satu kandidat yakni Rasidi, yang mengalami kekurangan fisik, kaki bagian kirinya bermasalah dan harus dibantu tongkat ketika mau berjalan.(dien/htn)

Komentar