Ada Gua Dekat Asta Waliyullah Desa Sergang Batuputih Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Ada Gua Dekat Asta Waliyullah Desa Sergang Batuputih Sumenep
Mulut gua bukit Desa Sergang, Kec. Batuputih, Sumenep (tangkapan layar @portalmaduratv)

PortalMadura.Com, – Di utara komplek asta yang diyakini (Wali Allah) di bukit , Kecamatan , Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terdapat sebuah gua.

Mulut gua menghadap ke pantai utara. Pintu gua itu cukup lebar dan rongga gua luas seperti tempat pertemuan. Tak terlihat ada perubahan di sekitar gua. Alamnya terjaga dan masih alami. Warga pun tidak tahu nama gua tersebut.

“Sejak dulu seperti ini. Sebelum-sebelumnya dijadikan tempat istirahat saya saat bersih-bersih bukit,” kata pemilik lahan, H. Ikhsan (65) warga setempat, pada PortalMaduraTV, Senin (6/9/2021).

Gua milik H. Ikhsan itu ada di Dusun Lebbak, Desa Sergang, Kecamatan Batuputih, Sumenep. Bukit Desa Sergang itu, kini ramai dikunjungi warga yang hendak melakukan ziarah pada asta (makam) Wali Allah yang baru dibersihkan.

Baca Juga: Di Atas Bukit Sergang, Ada Asta Bergelar Raden, Tumenggung, Resi hingga Empu

Komplek pemakaman yang disebut-sebut waliyullah itu, mirip seperti pemakaman keluarga kerajaan. Batu nisannya terbuat dari batu kumbung ukuran besar dan tertata sangat rapi dan unik.

Asta atau makam (kuburan) cukup banyak. Ada tiga lokasi asta di bukit Desa Sergang tersebut yang hanya dibatasi dengan tembok batu kumbung tersusun indah. Struktur batunya mirip dengan batu nisan.

Di dalam tembok pembatas paling timur terdapat tiga batu nisan yang disebut-sebut oleh warga adalah yang tertua. Salah satunya, Syekh Muhammad Ilyas.

Nama-nama pada batu nisan tersebut baru dibuat oleh warga setelah mendapatkan dari seorang habib asal Banyuwangi, Jawa Timur. Awalnya, tidak ada tulisan atau huruf apapun pada puluhan batu nisan tersebut.

Nama-nama lain yang ditulis pada kayu dan ditancapkan dekat batu nisan, di antaranya R. Arya Cakra Langit (cucu Raden Fatah), RA. Selendang Kencono Langit, Putri Tungga Dewi, Sultan Maulana, Tumenggung Suropati, Resi Bangah, Putri Lestari, Mahesa dan Empu Djoko Samudera (K. Bramana).(*)

Tonton Juga Video Asta Waliyullah Desa Sergang Batuputih Sumenep

https://youtu.be/gbdGqrj4YEk

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.